12 Tata Tertib UTBK 2023 Selama Ujian Berlangsung

Nasional, Pendidikan1548 Dilihat

HaluoleoNews.ID, JAKARTA- Calon mahasiswa, Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 gelombang 1 akan dimulai yakni pada 8 Mei 2023. Untuk itu, calon mahasiswa harus bersiap diri.

Selain belajar soal-soal UTBK, peserta UTBK SNBT 2023 juga harus paham beberapa aturan UTBK SNBT 2023. Tentu harapannya, calon mahasiswa bisa lancar selama mengikuti UTBK, dari awal hingga akhir pelaksanaan UTBK SNBT 2023.

Sebelum Ujian Berlangsung Lantas, seperti apa tata tertib UTBK 2023? Merangkum laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, ini info tata tertib UTBK 2023 selama ujian berlangsung:

Tata tertib UTBK 2023 Selama ujian berlangsung, calon mahasiswa harus memahami tata tertib ini:

1. Membaca dengan seksama petunjuk mengerjakan ujian yang sudah tersedia pada aplikasi ujian.

2. Memasukkan Nomor Peserta dan PIN setelah memilih pilihan menu MULAI UJIAN. PIN ujian akan diberikan/diinformasikan kepada peserta oleh Pengawas Ujian sesaat sebelum ujian dimulai.

3. Mengecek kesesuaian identitas yang tampil di layar perangkat dan klik pernyataan SETUJU sebelum memulai ujian.

4. Mengikuti petunjuk / aba-aba dari pengawas terkait waktu mulai ujian.

5. Mengerjakan soal sesuai dengan lama waktu pengerjaan.

6. Menjawab butir soal dengan cara memilih/meng-klik opsi jawaban menggunakan mouse.

7. Peserta dapat mengubah pilihan jawaban dengan cara memilih/mengklik pilihan jawaban lain yang dianggap benar. Jawaban peserta otomatis akan terganti dengan pilihan jawaban yang terakhir.

8. Peserta dapat mengidentifikasi kelengkapan jawaban pada daftar soal di sisi kiri layar monitor. Soal-soal yang belum dijawab ditandai dengan kotak warna Putih dan soal-soal yang sudah dikerjakan ditandai dengan kotak warna Biru.

9. Selama ujian berlangsung, peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN: Menanyakan jawaban soal kepada siapa pun. Bekerjasama atau berkomunikasi (berbicara) dengan peserta lain. Bekerjasama atau berkomunikasi (terkoneksi/terhubung) dengan pihak luar. Memberi dan atau menerima bantuan dalam menjawab soal ujian. Memperlihatkan pekerjaan/jawaban sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan/ jawaban peserta lain. Meninggalkan ruang ujian selama ujian berlangsung, kecuali seizin pengawas ujian. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain. Menyalin dan merekam soal ujian dengan menggunakan media apapun Bekerjasama atau berkomunikasi (terkoneksi/terhubung) dengan pihak luar.

10. Apabila Peserta melakukan kecurangan pada Poin B.9 maka yang bersangkutan akan dicatatat didalam Berita Acara Pelanggaran Ujian (BAPU).

11. Aplikasi UTBK akan berhenti secara otomatis ketika waktu tes berakhir dan peserta wajib klik tombol “OK”.

12. Peserta yang meninggalkan ruangan setelah memasukan Token Ujian dan karena satu dan lain hal tidak kembali lagi hingga waktu ujian berakhir, dinyatakan telah selesai menempuh ujian UTBK.

Jadi, itulah tata tertib UTBK 2023 selama ujian berlangsung. Tentu info ini harus dipahami oleh calon mahasiswa.

Sumber Artikel: Kompas.com

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *