5.900 Peserta Mengikuti UTBK- SMM UHO

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Sekitar 5.900 peserta mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK)- Seleksi Mandiri Masuk (SMM) Universitas Halu Oleo (UHO) 2023. Pelaksanaan seleksi terakhir ini difokuskan di Kampus Baru UHO atau Jln. H.E.A Mokodompit, pada 10- 14 Juli 2023.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc mengatakan, bahwa UTBK- SMM UHO merupakan seleksi terakhir dari tiga jalur yang diselenggarakan oleh kampus hijau itu. Pertama Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) serta SMM.

Ia menjelaskan, untuk daya tampung SNBP maksimal 20% lalu untuk SNBT minimal 40% dan diikuti dengan Seleksi Mandiri (SM) 30%. Tetapi daya tampung SM setiap Program Studi (Prodi) itu bisa bertambah manakala daya tampung SNBP dan SNBT tidak terpenuhi.

“Daya tampung Seleksi Mandiri (SM) itukan 30% dari daya tampung setiap Prodi tetapi daya tampung itu bisa bertambah. Misalnya Calon Mahasiswa Baru (Camaba) jalur SNBP dan SNBT tidak melakukan pendaftaran ulang, otomatis daya tampungnya itu dialihkan ke Seleksi Mandiri (SM),” ujarnya sesuai penyerahan dokumen SMM UHO, Senin (10/7/2023).

Ia menuturkan, pelaksanaan UTBK- SMM UHO dilaksanakan 3 sesi. Sebut dia, sesi pertama Pukul 7.30- 9.00 WITA, sesi kedua Pukul 10.00- 11.30 WITA, sedangkan sesi ketiga Pukul 13.30- 15.00 WITA. Dimana masing- masing ruangan UTBK diawasi 2 orang pengawas.

Ia mengungkapkan, pengumuman hasil UTBK- SMM UHO akan diumumkan pada 25 Juli 2023 mendatang melalui laman resmi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra) itu, yakni https://uho.ac.id, https://smm.uho.ac id, dan https://spmb.uho.ac.id.

“Saya berharap, Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang mengikuti UTBK- SMM UHO agar tidak usah terpengaruh dengan orang- orang yang mengiming- imingi kelulusan. Camaba fokus saja belajar dengan baik dan hadapi tes dengan persiapan yang maksimal, Insyaallah lulus,” pungkasnya.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar 

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *