Beranjak dari Kendala Alumni Ikuti Seleksi CPNS, PK2M UHO Gelar Pelatihan Pusat Karir Tentang Bimbingan Tes Kesiapan Kerja

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Beranjak dari masih banyaknya kendala yang ditemui para alumni dalam mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Pokja Pusat Karir mengadakan Pelatihan Pusat Karir 2024 secara ofline dan online, sejak 21- 22 Mei 2024.

Pelatihan Pusat Karir UHO 2024 ini bertajuk “Bimbingan Tes Kesiapan Kerja: Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Psikotes, dan Wawancara”.  Menghadirkan pemateri yang berkompeten dibidangnya, adalah Founder Bimbel Youth Educational Centre (YEC), Profesional Mentor, Hafidh Rifky Adiyatma, S.Si., M.B.A; dan Profesional Mentor, Ryan Hutomo.

Turut dihadiri, diantaranya Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc; Ketua UPT PK2M, Dr. Sarinah, S.P., M.Si ; Ketua Pokja Pengembangan Kewirausahaan, Amin Tunda, S.Pd., M.A; Ketua Pokja Pusat Karir; Dr. Yusna Indarsyih, S.P., M.S yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pelatihan Pusat Karir; para Wakil Dekan (WD)  dan ratusan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc mengatakan, bahwa memang para mahasiswa dan  lulusan kampus hijau itu tidak hanya dibekali dengan kegiatan akademik dibangku kuliah. Tetapi sambungnya, juga harus dibekali dengan kegiatan non akademik atau soft skill yang dapat menunjang kemampuan mahasiswa untuk bisa bersaing dan beradaptasi di dunia kerja.

Kata Prof Zamrun, UPT PK2M ini merupakan salah satu UPT di lingkup kampus yang paling banyak kegiatannya dan Pelatihan Pusat Karir ini sangat relevan, apalagi narasumber yang dihadirkan UPT PK2M sangat luar biasa karena memang profesi atau kerjanya membimbing mahasiswa maupun sarjana yang ingin masuk ke dunia kerja maupun tes CPNS.

“Jadi pelatihan hari ini (red) dipakai bukan hanya untuk tes CPNS. Tetapi bisa juga ingin berkarier di dunia swasta, mahasiswa kami itu hampir 40 ribu. Makanya mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini secara ofline dan online bisa menjadi agen, artinya informasi yang didapatkan ini bisa disebarluaskan kepada teman- temannya semoga semuanya semakin sukses kedepannya,” ujarnya.

Prof Zamrun menuturkan, mudah- mudahan pelatihan ini dapat diikuti dengan baik oleh para mahasiswa, sehingga akan menambah kemampuan mahasiswa. Dengan begitu, setelah lulus kuliah mereka sudah mengetahui cara- cara mencari kerja karena persiapannya sudah sangat baik.

Selain itu, Prof Zamrun mengucapkan terima kasih kepada para narasumber dan kepada Kepala UPT PK2M UHO yang sudah memfasilitasi acara ini, sehingga kegiatan Pelatihan Pusat Karir 2024 bertajuk “Bimbingan Tes Kesiapan Kerja: Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Psikotes, dan Wawancara” dapat terselenggara dan dikuti ratusan perwakilan mahasiswa di 14 fakultas lingkup UHO.

Sementara itu, Ketua UPT PK2M UHO, Dr. Sarinah, S.P., M.Si mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan karena berawal dari kendala yang ditemui para alumni atau lulusan saat mereka mengikuti seleksi CPNS dan dari mereka banyak yang gagal.

Sebutnya, baik gagal dalam mengikuti tes SKD, Psikotes, dan Wawancara. Sehingga pihaknya, berkoordinasi dan mengundang narasumber berkompeten dari YEC yang sudah sangat terkenal menggelar berbagai pelatihan sejenis dan diundang dimana- mana. Baik di universitas ternama seperti Universitas Gadja Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI).

“Sebelumnya memang saya berkomunikasi dengan mereka terkait kegiatan pelatihan ini. Alhamdulilah mereka merespons dengan baik dan sangat mudah komunikasinya serta  mereka berkenan hadir disini seperti yang kita harapkan,” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *