Diikuti Puluhan Mahasiswa, KBST Sultra Sosialisasikan Kegiatan Kebahasaan dan Kesastraan di Universitas Mandala Waluya Kendari

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) menyelenggarakan Krida Duta Bahasa Bagi Aktivis Kampus Penggerak Literasi: Parade Pidato Pengutamaan Bahasa Negara Bagi Mahasiswa di Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, di Aula Lantai 3 UMW, sejak 1- 2 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Kepala KBST, Dr. Uniawati mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepad civitas akademika UMW khususnya para mahasiswa yang sudah menyempatkan hadir mengikuti kegiatan Krida Duta Bahasa Bagi Aktivis Kampus Penggerak Literasi ini.

Tentunya ini sambungnya, penghargaan tersendiri bagi KBST karena diberikan izin untuk menyosialisasikan program kebahasaan dan kesastraan sebagai tugas dan fungsi implementasi dalam melakukan pengembangan, pembinaan, dan perlindungan bahasa dan sastra di wilayah Sultra.

“Ada tiga program prioritas KBST. Pertama perlindungan bahasa dan sastra daerah, kedua Literasi bahasa dan kesastraan, serta ketiga menginternasionalkan bahasa Indonesia,” ujar Dr. Uniawati.

Ia berharap, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi penyambung dalam menyosialisasikan keutamaan bahasa negara. Karena khusus program ini bebernya, yang disasar adalah para generasi muda.

Selain itu, target kedepan program ini bisa ditindaklanjuti dengan program- program lainnya yang bisa pihaknya kerjasamakan. Setelah kegiatan ini, akan ada selebrasi yang salah satu kegiatan lomba pidato untuk mahasiswa.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UMW Kendari, Toto Surianto menyambut baik kegiatan ini, karena mahasiswa sebagai akademisi, kaum intelektual perlu penguatan-penguatan pengembangan di bidang literasi.

“Tentunya kami di Universitas Mandala Waluya membutuhkan penguatan-penguatan bidang literasi bagi mahasiswa, karena melihat perkembangan cukup cepat maka perlu adanya penyelarasan dan penguatan kompetensi di bidang literasi,”katanya.

Setelah kegiatan ini, ia berharap bisa menjadi awal yang kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan lain terkait aktivis kampus khusus penggerak literasi bagi mahasiswa, apalagi penyelenggaranya adalah para alumni duta Bahasa sehingga bisa bersinergi dan berkelanjutan bagi mahasiswa UMW.

Diketahui, kegiatan ini melibatkan 50 orang peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa UMW yang tergabung dari beberapa Program Studi (Prodi) lingkup kampus.

 

Reporter: Erdin Yahya

Editor : Anshar 

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *