Dorong Mahasiswa Pahami Pasar Modal, Rektor Unsultra Resmi Lantik dan Bentuk Pengurus KSPM lingkup Mahasiswa

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Sebagai upaya untuk  mendorong mahasiswa berinvestasi dan memahami pasar modal, Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric, resmi melantik dan membentuk pengurus Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) lingkup mahasiswa yang dilakukan oleh Rektor Unsultra, di Ruang Rapat Rektorat Unsultra, Jumat (4/8).

KSPM sendiri  merupakan perpanjangan tangan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Melalui kegiatan ini, KSPM bisa meningkatkan kualitas diri, kompetensi Bursa Efek dan memantapkan diri dalam berorganisasi  sebagai mahasiswa dan mengambil bagian dalam implemnetasi Tri Dharma, serta implementasi program Merdeka Belahar Kampus Merdeka (MBKM).

Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengatakan, bahwa pelantikan KSPM merupakan implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) antara  BEI KPw Sultra dengan Unsultra. Pengurus KSPM yang baru dilantik harus menjalankan amanah dengan aktif melaksanakan edukasi, sosialisasi, serta literasi terkait dengan Bursa Efek serta kegiatan social lain khususnya di lingkungan kampus dan masyarakat.

“Pelantikan ini bertepatan dengan Dies Natalis Unsultra ke 37 dengan mengangkat tema, Adaptasi, Inovasi dan Kolaborasi di Era Digital. Makanya saya mengharapkan kepada pengurus KSPM yang baru dilantik segera merumuskan program dan melaksanakan kegiatan edukasi dan sosialisasi terkait Bursa Efek berbasis digital,” ujarnya, Jumat (4/8/2023).

Serta sambung dia, dibarengi dengan kreatifitas dan inovatif agar keberadaan KSPM ini benar-benar bisa dirasakan manfaatnya, baik untuk mereka sendiri sebagai pengurus maupun civitas akademika Unsultra dan masyarakat sekitar kampus.

Lanjutnya, pihaknya juga berencara melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menggandeng BEI KPw Sultra, sehingga edukasi dan sosialisasi terkait Bursa Efek ini bisa diperluas jangkauan informasinya ke seluruh lapisan masyarakat. Apalagi sekarang ini terkait dengan bisnis bodong, banyak bisnis online yang tidak jelas investasinya.

“Saya berharap, kerja sama dan sinergitas antara Unsultra dan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini bisa lebih dikembangkan lagi kedepannya,” ucapnya.

Perwakilan BEI KPw Sultra, Muhammad Nurdin menerangkan, KSPM berperan juga dalam mengedukasi dan menyosialisasikan Pasar Modal kepada civitas akademika. Tentunya tidak bergerak sendiri, dari BEI dan Phintraco Sekuritas akan mensuport penuh setiap kegiatan edukasi yang diselenggarakan KSPM Unsultra.

“KPSM ini tentunya juga sebagai Wadah untuk adik adik Mahasiswa untuk berproses dan mendulang banyak ilmu dan pengetahuan. Sebagai alumni KSPM saya memberikan gambaran bahwa Kegiatan KSPM itu sangat bervariatif, adik-adik bisa kunjungan emiten, bedah emiten, trading bersama dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Ketua Galeri Investasi Unsultra, Wa Ode Dien Indalestari SM MM mengatakan, pengurus yang dilantik tidak hanya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) saja. Tetapi dari berbagai fakultas di kampus SEKSI (Santun dan beretika, Elok dan nyaman, Kreatif dan Inovatif, Sejahtera dan harmonis, Idaman dan berdaya saing) itu.

“Pelantikan ini sebagai bentuk membangun kembali KSPM yang sebelumnya sempat vakum dikarenakan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan pergantian kepengurusan. Semoga KSPM Unsultra terus berkarya dan menginspirasi  kalangan masyarakat dalam berinvestasi di pasar modal,” pungkasnya.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *