Dua Siswa MAN 1 Kendari Wakili Sultra Diajang OBA Tingkat Nasional

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari berhasil mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra) diajang Lomba  Olimpiade Bahasa Arab (OBA) tingkat nasional di Jakarta  pada November 2023 mendatang. Torehan tersebut pasca dinobatkan sebagai juara tingkat Provinsi Sultra baru- baru ini.

Adalah, Abdillah sebagai juara 1 dan Haikal Musaffar Mishbah  juara 2. Sebelumnya, kedua siswa tersebut telah dinyatakan sebagai juara pada lomba OBA tingkat Kendari juga yang diumumkan pada Agustus 2023 lalu.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo mengatakan, bahwa lomba OBA ini bertujuan untuk membentuk insan Qur’ani yang output lomba tersebut dapat berimplikasi pada kehidupan sehari-hari dan bahkan dapat menular ke siswa-siswa lain sehingga dapat membentuk sikap-sikap positif dan moral siswa.

Hal ini tentu sejalan dengan visi dan misi MAN 1 Kendari. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini harus terus kita dorong dan dirinya dukung sepenuhnya.

“Saya selaku kepala MAN 1 Kendari tentu sangat bersyukur dan berbangga atas prestasi-prestasi yang berhasil diraih oleh peserta didik kami hingga saat ini. Selain kerja keras siswa, tentu ini juga tidak terlepas dari bimbingan, arahan, dan motivasi guru pembina kepada siswa-siswanya,” ujarnya, Rabu (27/9/2023)

La Tangkalalo juga mengatakan, dengan capaian prestasi yang sudah diraih siswa-siswa MAN 1 Kendari di bidang keagamaan tentu semakin menujukkan jati diri madrasah.

Menurutnya, sebagai lembaga pendidikan bercirikan Islam, madrasah menjadi wadah yang tepat dalam hal pengembangan minat dan bakat siswa di tengah gejolak perkembangan arus teknologi dan informasi saat ini.

Sementara itu, salah satu peserta lomba, Abdillah sangat bersyukur atas prestasi yang telah diraihnya hingga ia sampai ke tingkat nasional.

“Ini (prestasi) berkat  doa dan usaha di bawah binaan guru pembina. Alhamdulillah kami siswa MAN 1 Kendari berhasil menyabet juara di tahap ini. Sungguh, kami sangat bangga sampai bisa berlaga pada babak final tingkat nasional pada lomba OBA 2023 kali ini. Kami akan tetap berusaha semaksimal mungkin, semoga sesuai dengan harapan kita bersama, yakni bisa keluar sebagai juara nasional tahun ini,” ucapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kepala madrasah, guru pembina, teman-temannya, dan keluarga besar MAN 1 Kendari yang telah memberikan dukungan penuh hingga berhasil ke tahap itu. Dirinya juga sangat berterima kasih kepada banyak siswa MAN 1 Kendari yang telah lebih dulu meraih prestasi di bidangnya masing-masing.

Karena biar bagaimana pun sambung dia, hal itu dapat menjadi acuan dan semangat bagi siswa-siswa lain agar dapat mengukir prestasi.

“Semoga MAN 1 Kendari semakin maju dan jaya karena kami percaya bahwa di MAN 1 Kendari banyak siswa potensial yang dapat mengharumkan nama madrasah” tutupnya.

Senada Guru Pembina MAN 1 Kendari, Musfidar merasa bersyukur mendapat kesempatan dalam membina siswa-siwa hingga menuju lomba ke tingkat nasional. Dirinya berharap, dengan prestasi yang telah diraih siswa binaannya, hal itu dapat menjadikan siswa-siswa lebih giat lagi dalam belajar dan terus meningkatkan potensi diri.

“Serta tentunya tetap tawadhu, santun dan sopan dalam setiap lisan dan tindakannya,” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *