Hadirkan Pembicara Empat Negara, FKIP UHO Gelar ICMSE

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar International Conference on Mathematics and Science Education (ICMSE) secara online dan offline, bertajuk “Trends in Mathematics and Science Education Research to Support Sustainable Development Goals”, di Claro Hotel Kendari, Senin (27/11/2023).

Menghadirkan Keynote Speaker empat negara, yakni Dr. Engku Azltn Rahayu Binti Engku Arif (University Teknologi Mara, Malaysia); Sharon Dotger, Ph.D (Syracuse University, The United Stated of America); Baktiar Hasan, Ph.D (European Organisation For Research And Treatment of Cancer, Belgia) dan terakhir Dr. Kasman Arifin, M.Si (Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia).

Turut dihadiri, diantaranya Rektor UHO diwakili Wakil Rektor (WR) I, Dr. La Hamimu, S.Si., M.T (Opening Speech); Dekan FKIP UHO yang diwakili Wakil Dekan (WD) I, Dr. La Ode Nggawu, S.Pd.,M.Si dan beberapa Kajur lingkup FKIP UHO.

WD I FKIP UHO, Dr. La Ode Nggawu, S.Pd., M.Si mengatakan, bahwa ICMSE merupakan kegiatan tahunan yang akan terus dilakukan. Tahun ini mengangkat tema Trends in Mathematics and Science Education Research to Support Sustainable Development Goals, dalam rangka mengembangkan kemampuan hasil- hasil penelitian yang sudah dilakukan dibidang masing-masing.

Peserta ICMSE yang mengikuti secara ofline.

Katanya, baik dari Jurusan Pendidikan Matematika, Biologi, Fisika dan Pendidikan Kimia. Hasil penelitian tersebut bisa dipublikasikan dan dimasukkan didalam jurnal atau prosiding yang ada di lingkungannya masing-masing.

“ICMSE ini salah satu ajang mempromosikan FKIP UHO ke dunia internasional. Mengingat ICMSE menghadirkan pembicara dari beberapa negara dan ini juga menjadi salah satu nilai tambah bagi fakultas dalam rangka pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) yang sudah ada kontrak kinerjanya antara dekan dengan rektor, makanya untuk capai IKU itu salah satunya menggelar kegiatan Internasional seperti Conference ini,” ujarnya seusai pembukaan ICMSE.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO, Lili Darlian, S.Si., M.Si mengungkapkan, bahwa konferensi ini sudah tahun kedua digelar. Dimana penyelenggara utamanya, adalah Jurusan Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Jurusan Pendidikan Kimia.

Lanjut Lili, tahun ini (2023) giat ICMSE didelegasikan kepada Jurusan Pendidikan Biologi sebagai leader untuk menjadi ketua panitia utama disamping dibantu oleh jurusan lainnya. Sambung dia, tujuan giat ini untuk mengakselerasi dan memotivasi para dosen khususnya tim peneliti dan mahasiswa untuk berkontribusi untuk kemajuan institusi.

“Dalam kegiatan ini banyak juga mahasiswa yang terlibat menjadi presenter, yang bertujuan melatih mental mahasiswa berbicara di forum internasional, dengan begitu mahasiswa yang bersangkutan bisa lebih percaya diri dan lebih baik kedepannya,”ucapnya.

Diketahui, peserta dalam giat ini tidak hanya dari Perguruan Tinggi yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Melainkan juga melibatkan beberapa PT yang ada di luar Sultra, diantaranya Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) yang berada di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) langsung menghadiri kegiatan ICMSE.

Sedangkan yang mengikuti secara online, seperti Universitas Wulawarman (Unmul) dan universitas yang berada di Kota Palu, yakni Universitas Tadulako (Untad). (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *