Hebat! Ini Agenda Resmi Rektor Unsultra di Uzbekistan

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric bertandang ke Uzbekistan (Negara di Asia Tengah) bersama 97 orang dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Indonesia.

Diantaranya, peserta dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultanbatara) ada 29 orang dari 18 PTS termaksud Kepala LLDikti.

Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengatakan, bahwa kunjungannnya di Uzbekistan sejak 19- 26 Juli 2023, sudah mempunyai agenda resmi yang terstruktur. Sebut dia, hari pertama Kamis (20/7/2023) melakukan kunjungan dan Momerandum of Understanding (MoU) serta Hub di Tashkent State University of Oriental Studis.

Hari kedua Jumat (21/7/2023), bertemu dengan Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tashkent. Ketiga Sabtu (22/7/2023), kunjungan ke Kantor Wakil Gubernur Samarkand. Dan hari terakhir (keempat) Selasa (25/7/2023), penandatanganan MoU dan Interantional Conference di Bukhara State University, serta berkunjung ke Kantor Gubernur Bukhara.

“Saya berharap, setelah melakukan MoU di Uzbekistan. Nantinya akan ada kegiatan- kegiatan yang melibatkan beberapa Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Uzbekistan,” ujarnya, Kamis (20/7/2023).

Lanjut dia, tidak hanya sebatas MoU. Sebut dia, akan dilanjutkan dengan penandatanganan Momerandum of Agreement (MoA). Mengingat setelah pulang dari Uzbekistan, dirinya berencana langsung menyelenggarakan kegiatan.

Selain itu, perjalanan  dan tour di Uzbekistan banyak dilakukan dengan mengunjungi berbagai tempat ziarah yang dilalui dengan berjalan kaki. Pada 22 Juli 2023, akan dilakukan Wisata Kota Samarkand di Masjid Imam Al- Bukhari yang juga terdapat makam Imam Bukhari dan museum Quran, dimana rombongan dapat melihat koleksi Quran yang merupakan hadiah dari beberapa kepala negara termasuk dari Indonesia.

Para peserta juga dapat melakukan shalat di masjid (menyesuaikan waktu dan kondisi), kemudian ke makam Nabi Daniel serta Ulugbek Observatorium. Sebelum mengunjungi Samarkand Theater, Registon Square-Silk road Culture Centre (diwaktu senja/malam).

Makam Nabi Daniel, sebuah makam sepanjang 16 meter di puncak bukit yang menjadi tempat ziarah dari empat agama. Registon Square adalah merupakan jantung kota Samarkand, kota tempat didirikannya Kerajaan oleh Amir Temur, bapak bangsa Uzbekistan, pada abad ke 14.

“Ulugbek Observatoium, sebuah observatory kuno pertama didunia dimana sudah sejak awal menjadi bidang kajian yang menarik. Menurut cerita Ulugh Bek dianggap telah melalaikan tugasnya sebagai raja karena terlalu terpaku pada bidang keilmuannya sehingga dibunuh oleh putranya sendiri,” ucapnya.

Pada Minggu (23/7/2023), City Tour Samarkand (Full Day Tour) dengan melakukan sightseeing tour (wisata keliling kota) ketempat-tempat sebagai berikut:

• Gur Emir Mausoleum, komplek makam Amir Temur, seorang tokoh nasional dan pahlawan Uzbek yang telah berhasil memperluas kekuasaannya dibeberapa benua pada masanya.

• Registon Square adalah merupakan jantung kota Samarkand, kota tempat didirikannya Kerajaan oleh Amir Temur, Bapak bangsa Uzbekistan, pada abad ke 14.

• Bibi Khanum Mosque, sebuah masjid yang didirikan oleh Bibi Khanum (istri Amir Temur) sebagai sebuah kejutan dan hadiah bagi seorang pahlawan yang menang perang akan tetapi berakhir dengan kisah sedih.

• Shakhi Zinda Cemetery (Necropolis), pemakaman raja-raja. Merupakan komplek pemakaman yang sangat indah tempat para raja dan pembesar dimakamkan. Pada komplek ini terdapat makam Khusam Ibn Abbas yang dipercaya memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Nabi kita Muhammad SAW.

Pada Senin (24/7/2023) City Tour Bukhara, melaksanakan kunjungan ke Samani, Mausoleum of Chasma Ayub, Bolo House Mosque. Perjalanan dilanjutkan dengan berkunjung ke Ark of Bukhara, Poi Kalyan Complex, Ulugbek Madrasah, Magoki-Attory Mosque. Selanjutnya dapat melakukan Shopping di Old City. Dan melihat pertunjukkan budaya (fashion show), dan berakhir di Lyabi House Complex dan patung Nasaradin Hoja.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *