Hebat! Kendaari Raih Dua Penghargaan dari BNPB

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Hebat! Kota Kendari meraih dua penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Adalah  pemenang lomba Road To PRB tahun 2023 dengan kategori pelaksanaan kerja bakti melibatkan camat, lurah dan masyarakat dalam rangka pengurangan risiko bencana di wilayah masing-masing.

Kemudian penghargaan penyelenggaraan peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2023 di Kendari. Penghargaan ini, diterima langsung Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu dari Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, pada puncak peringatan bulan PRB tingkat asional 2023 yang diselenggarakan BNPB di salah satu hotel di Kendari, Jumat (13/10/2023).

Acara dimulai dengan peluncuran sejumlah produk kebencanaan BNPB bersama mitra, dilanjutkan dengan Penampilan musik bambu siswa di Kendari yang merupakan generasi tangguh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendari.

Penampilan mereka memukau para peserta kegiatan puncak peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Pada penampilan itu siswa Kendari membawakan tiga lagu, pertama lagu Tanah Wolio, dilanjutkan lagu Maju Tak Gentar dan ditutup dengan lagu Rek Ayo Rek.

Lagu terakhir ini mendapatkan sambutan meriah dari hadirin, beberapa peserta ikut joget dan menyanyikan lagu asal Surabaya Jawa Timur ini. Bahkan sebagian besar hadirin meminta mengulangi lagu tersebut.

Meskipun lagu yang mereka bawakan sudah selesai, akhirnya mereka kembali mainkan Lagu tersebut, para hadirin pun kembali ikut berjoget dan bersorak mendengarkan alunan musik bambu.

Acara dilanjutkan dengan pidato Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budi Revianto mengucapkan terima kasih pada BNPB yang telah menetapkan Sultra sebagai tuan rumah PRB.

“Apabila ada penyambutan kami ada yang kurang berkenan secara pribadi saya menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin,” ucapnya.

Sedangkan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, 2023 ini bencana di Sultra didominasi dengan bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, tanah longsor dan cuaca ekstrem.

“Memang Indonesia ini anomali cuaca ada bencana kekeringan dan Elnino tapi di tempat lain sudah hidrometeorologi basah, di Aceh sudah banjir, Sumatera Utara banjir, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah kebakaran hutan dan lahan dan kekeringan, tapi di atasnya lagi Kalimantan Utara sudah banjir,” jelasnya.

Puncak peringatan bulan PRB ini juga dihadiri Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy dan Pj Gubernur Aceh. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *