Hebat! Pertama Kali MoU di Sultra, Unsultra Teken MoU dengan International Cultural Communication Center Malaysia

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) bersama International Cultural Communication Center Malaysia (ICCCM), Via Zoom baru-baru ini.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun, M.Sc., Agric mengatakan, bahwa kerjasama tersebut sama dengan kerjasama yang dilakukan sebelum-sebelumnya, yakni terkait  program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.

Dengan kerjasama ini sambung Prof Andi, mahasiswa berkesempatan magang pertukaran budaya antar negara, pertukaran mahasiswa, visiting professor kemudian forum-forum dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

“Selaku rektor, saya akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan bahasa mandarin khususnya mahasiswa Unsultra,” ujarnya, Senin (4/12/2023).

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ICCCM untuk mempercayai Unsultra sebagai mitra mereka. Adanya kerjasama sama ini, semoga sesegera mungkin ada tindak lanjut.

“Kami sepakat bahwa dalam waktu dekat ini akan ada pertemuan diskusi lebih lanjut. Karena kerjasama ini bertujuan untuk mendukung program rasionalisasi dan untuk implementasi program MBKM,” ucapnya.

Sementara itu, Indonesia Regional Manager ICCCM, Cyntia Wu mengungkapkan, kerjasama dengan unsultra itu fokusnya lebih kepada bidang-bidang yang terkait internasionalisasi.

“Kita memang menggali lebih dalam bagaimana nanti kita berkolaborasi kepada project-project yang terkait internasionalisasi pendidikan yang selaras juga dengan MBKM dan juga menggali potensi-potensi yang ada di Unsultra,” ungkapnya.

Kemudian terkait dengan program benchmarking fisik. Dimana ICCCM memfasilitasi unsultra untuk bisa berkunjung ke luar negeri. Nanti di sana juga bila memungkinkan menjalankan kegiatan yang mana bisa saling menggali potensi.

“Kita juga bisa menyasar ke para mahasiswa yang ada di Australia, bisa melakukan project-project untuk memberikan kesempatan para mahasiswa agar mengetahui bagaimana pendidikan di luar negeri,” katanya.

Beber dia, dalam waktu dekat ini pihaknya sesegera mungkin akan menindak lanjuti kerjasama yang telah dilaksanakan antara ICCCM dengan Unsultra. Diketahui, kerjasama tersebut baru pertama kali dilakukan di Unsultra khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya ICCCM baru melakukan kerjasama di wilayah Jawa. Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini program-program yang akan dijalankan itu berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *