Implementasikan Ilmu dari Kampus, Mahasiswa KKN Reguler UHO Gelar Bazar UMKM di Mandati 1

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Mahasiswa yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Halu oleo (UHO) Gelar Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Wakatobi Ramadhan Cinta II di Pelataran Pelabuhan Panggulu Belo Kel. Mandati 1, Kec. Wangi-wangi Selatan, Kab. Wakatobi, sejak 27- 30 Maret 2024.

Mahasiswa KKN ini berhasil mengimplementasikan atas ilmu yang pernah didapat di dunia kampus khususnya dibidang Kewirausahaan, Dimana mereka menerapkan  kepada masyarakat mandati 1.

kegiatan Acara Opening Ceremoni Bazar UMKM dibuka langsung oleh ketua BKMT Kab. Wakatobi Hj. Eliati Haliana SKM. Dihadiri, diantaranya Kepala Desa (Kades) se- Kec. Wangi- Wangi Selatan, pengurus dan anggota BKMT dan PKK Se- Kec. Wangi- Wangi Selatan, anggota forum UKM-IKM Wakatobi, serta kelompok KKN lainnya, Kamis (28/3/2024).

Koordinator desa (Kordes) Muhammad Nur Iksan syahrabi mengatakan, giat ini dalam rangka Program kerja (Proker) yakni dengan mengadakan Bazar UMKM Wakatobi Ramadhan Cinta II Pasar Murah. Dimana kegiatannya disambut baik oleh Pemerintahan Daerah (Pemda) Wakatobi dan ketua UMKM Wakatobi serta pemuda Kel. Mandati 1.

Iksan menambahkan, diadakan Bazar UMKM ini Bertujuan untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan memberikan semangat baru untuk terjun dunia lapangan kerja baru dengan mempromosikan usahanya.

” Bahwasanya lewat Bazar, para pelaku UMKM dapat menjajahkan jualannya atau dagangannya seperti sofenir, cenderamata dan makanan khas daerah Wakatobi. Dengan adanya Bazar UMKM dapat membantu dan lebih dikenal banyak orang dagangannya,” ungkapnya

Ia juga berharap, kedepan untuk sekiranya UMKM yang ada di Kel. Mandati 1 dapat terexpos ke masyarakat luar, sehingga dapan menjadi salah satu pusat pasar sentral perbelanjaan sofenir, cendramata dan makanan khas daerah Wakatobi.

” Sederhananya, masyarakat yang tinggal di daerah tertinggal tidak harus pergi ke pusat kota untuk berbelanja. Dengan begitu, pergerakan uang tidak hanya terjadi di daerah sentral tetapi merata ke berbagai daerah dengan berbagai kondisi” ungkapnya

Ia juga menambahkan , peran UMKM adalah memberi kesempatan produk daerah tertinggal dapat didistribusikan ke daerah sentral atau kota.

“Masyarakat dan generasi muda untuk sekiranya bisa terus mengembangkan potensi usahanya, agar dapat menarik minat lebih banyak lagi masyarakat luar Kel. Mandati 1 maupun dari dalam Kel. mandati 1,” pungkasnya.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar 

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *