Intip! Ini Gaji Mahasiswa Magang Fakultas Teknik UHO di Jepang

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Tercatat sampai 2023 ini, mahasiswa magang Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) di Jepang sudah sekitar 121 orang. Mahasiswa tersebut tersebar diberbagai perusahaan yang ada di negeri Sakura tersebut.

Banyaknya mahasiswa magang FT UHO itu tidak terlepas dari program “sakti” yang digelorakan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia (RI), Nadiem Anwar Makarim selama ini, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Terbaru, fakultas yang dipimpin oleh Dr. Ir. Edward Ngii, ST., MT ini dalam waktu dekat lagi bakal memberangkatkan beberapa mahasiswa magang FT UHO ke negeri yang dipimpin Fumio Kishida (Perdana Menteri Jepang). Banyaknya mahasiswa magang FT UHO ke Jepang membuat banyak orang penasaran terkait besarnya nominal gaji yang didapat perbulan.

Wakil Dekan (WD) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT UHO, Prof. Dr. Ir. Adris A. Putra, ST., MT mengungkapkan, bahwa sudah banyak FT UHO menjalin kerjasama dengan perusahaan yang berada di negara Jepang. Mengingat di Jepang menawarkan berbagai teknologi maju yang dapat dipelajari bagi mahasiswa Indonesia khususnya FT di kampus yang dipimpin Prof Zamrun itu.

Dengan belajar teknologi disana, sambung Prof Adris, nantinya teknologi yang ada di Jepang itu dapat di implementasikan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Program magang ini hanya diperuntukkan kepada mahasiswa yang masih aktif kuliah, sehingga mata kuliah mahasiswa yang bersangkutan akan dikonversi sekitar 20 SKS selama 1 tahun.

“Selain mendapatkan lulus 20 SKS, mahasiswa magang FT UHO ini juga digaji cukup tinggi sekitar 20 kita perbulan. Sedangkan alumni yang sudah memiliki ijasah (program kerja engineering atau terampil) digaji 40 jutaan perbulan, ada juga alumni kita disana langsung lanjut kuliah S2 di Jepang,” ujarnya seusai mengikuti kegiatan Kuliah Umum Program Internship Jepang, Rabu (6/12/2023).

Prof Adris mengungkapkan, bahwa ada sekitar 10 orang alumni FT UHO yang berangkat ke Jepang untuk berkerja melalui program kerja engineering. Ia berharap, dengan banyaknya mahasiswa magang FT UHO yang ke Jepang, semoga dapat memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang ingin belajar atau magang di Jepang.

Diketahui, mahasiswa magang FT UHO di Jepang menempati beberapa perusahaan otomotif. Diantaranya, adalah Sugihara, Co., Ltd, dimana perusahaan ini bergerak didalam pengembangan , pembuatan, dan penjualan komponen interior otomotif.

Reporter : La Dedi

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *