Jelang Nataru 2024, BI Sultra pastikan Kecukupan Uang Tunai

Berita Utama, Ekobis1196 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Kantor Perwakilan (KPw)  Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan uang tunai Rp1.411.740.000.000,00 (satu triliun empat ratus sebelas milyar tujuh ratus empat puluh juta rupiah).

Secara historis selalu terjadi peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat pada momen Nataru yang berdampak pula pada peningkatan transaksi masyarakat untuk berbagai jenis barang dan jasa.

Menyikapi hal tersebut, KPw BI Sultra telah menyiapkan langkah antisipatif untuk menjamin kecukupan uang beredar melalui penyaluran uang tunai yang diproyeksikan Perbankan di Sultra senilai Rp983.888.000.000,00 (sembilan ratus delapan puluh tiga milyar delapan ratus delapan puluh delapan juta rupiah).

Kepala KPw BI Sultra, Doni Septadijaya mengatakan, bahwa masyarakat tidak perlu khawatir terjadinya kekurangan uang tunai karena jumlah dimaksud dapat mencukupi iron stock kebutuhan uang tunai Prov. Sultra selama 3 bulan.

Terlebih, sambung dia, dengan adanya sistem Pembayaran digital baik berupa Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), sehingga masyarakat tetap dapat bertransaksi tanpa harus membawa uang tunai.

“Sebagaimana mandat Bank Indonesia dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, Bank Indonesia wajib menjamin kecukupan uang beredar di masyarakat untuk kelancaran transaksi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujarnya belum lama ini.

Namun meski ketersediaan uang diperiode Nataru dipastikan cukup, sebut Dodi, masyarakat juga tetap dihimbau untuk berkonsumsi dan bertransaksi secara bijak, sebab di akhir tahun terdapat potensi terjadinya inflasi akibat peningkatan Permintaan (demand pull inflation).

Melalui belanja bijak masyarakat dapat mencegah terjadinya Konsumsi berlebihan sehingga seluruh pihak dapat memperoleh barang yang dibutuhkan.

“Dalam rangka pemenuhan kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) di masyarakat, KPw Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara bersinergi dengan perbankan dan retailers dalam program ‘Lingkar Koin Sultra’, turut menyediakan penukaran melalui layanan Kas Keliling yang akan dilaksanakan sebanyak 2 kali pada Januari 2024,” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *