Jelang Pemilu 2024, Pj Wali Kota Kendari Rakor Bersama Mendagri Bahas Netralitas ASN

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) bersama para kepala daerah yang dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian.

Pj Wali Kota Kendari mengikuti kegiatan ini di Comand Center Balai Kota Kendari. Rakor yang membahas tentang netralitas ASN jelang pelaksanaan Pemilu presiden dan legislatif 2024 ini, berlangsung via zoom, Jumat (17/11/2023).

Mendagri, Muhammad Tito Karnavian, meminta kepala daerah untuk menjaga netralitas, karena kepala daerah memiliki kewenangan yang besar dan berpotensi didekati banyak pihak untuk kepentingan memenangkan Pemilu.

“ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik, ini Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang ASN,” katanya

Untuk menegaskan tentang netralitas ASN ini, Mendagri akan membuat surat edaran yang akan menjadi rambu-rambu.

Mendagri juga meminta, pada kepala daerah untuk menyukseskan Pemilu dan pemilihan kepala daerah. Untuk pemilihan kepala daerah, Mendagri meminta agar kepala daerah memberikan dukungan pada penyelenggara dan aparat keamanan.

“40 persen anggaran penyelenggaraan dan pengamanan pemilu itu diambil dari APBD 2023, kemudian 60 persennya diambil dari APBD 2024,” jelas Mendagri.

Penganggaran secara bertahap ini dilakukan untuk membantu daerah yang memiliki fiskal rendah sehingga kesulitan jika dianggarkan 100 persen sekaligus.

Mantan Kapolri ini, juga menyampaikan terima kasih pada para kepala daerah yang telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) termasuk yang sudah mencairkan. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *