Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO Bakal Ajukan Akreditasi Internasional

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) bakal mengajukan akreditasi Internasional. Hal tersebut sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas akademik.

Ketua Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO, Awaludin menerangkan, bahwa akreditasi sangat berpengaruh terhadap kualitas mahasiswa dan alumni, olehnya itu pihaknya berusaha meningkatkan mutu kualitas akademik agar diakui di skala internasional. Dalam waktu dekat, Pendidikan Matematika FKIP UHO akan mengajukan akreditasi di ASIIN yang dimana merupakan lembaga akreditasi berskala internasional.

“Akhir Juni 2023 kita akan ajukan akreditasi internasional, diharapkan nantinya dapat membuahkan sesuai hasil yang kita harapkan. Kita sudah menyiapkan berbagai persiapan mulai dari dokumen akreditasi, sarana dan prasarana. Semua itu kita sudah siapkan dari jauh hari,” ujarnya baru- baru ini.

Ia juga mengatakan, pada saat asesmen lapangan nantinya, ada beberapa indikator penilaian yakni program sarjana, profil lulusan, sistem pelaksanaan ujian, SDM pengembangan staf, pengelolaan anggaran dan kualitas manajemen. Hal-hal inilah yang akan menjadi penilaian nantinya.

“Informasi yang kami dapatkan itu asesmen lapangan akan dilakukan secara offline. Kita akan berusaha semaksimal mungkin agar akreditasi internasional ini bisa kita dapatkan. Olehnya itu, saya berharap kepada semua pihak yang terkait untuk sama-sama berkontribusi dalam reakreditasi nanti sehingga akreditasi internasional bisa kita dapatkan,” tuturnya.

Awaludin juga mengatakan, akreditasi tersebut penting untuk didapatkan kerena ada beberapa perusahaan menerapkan akreditasi sebagai syarat masuk kerja. Sehingga inilah yang sedang pihaknya dorang agar akreditasi Jurusan Pendidikan Matematika bisa naik menjadi internasional, sehingga kedepannya lulusanya memiliki kompetensi yang berkualitas dan cepat terserap dalam dunia kerja.

Lanjutnya, rencananya akhir tahun ini akan  dilakukan asesmen lapangan, diharapkan semua indikator penilaian nantinya dapat sesuai dengan syarat akreditasi dari ASIIN atau lembaga akreditasi berskala internasional yang kredibel dan diakui oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, pihaknya tidak mendapatkan kendala apapun dikarenakan dukungan dan kerjasama stakeholder terkait.

“Tak lupa ia juga berterima kasih kepada semua pihak atau stakeholder yang sudah turut membantu dalam upaya akreditasi internasional ini. Kita harus optimis bahwa akreditasi internasional harus kita raih. Sehingga kita juga bisa go global,” pungkasnya.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor       : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *