Kemenag Imbau AGPAII Sultra Masifkan Program Moderasi Beragama di Satuan Pendidikan

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Muhamad Saleh menghimbau Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Sultra agar memasifkan program Moderasi Beragama di satuan pendidikan.

Menurutnya, guru PAI merupakan garda terdepan dalam merawat keberagaman baik di sekolah maupun di masyarakat.

Untuk itu, guru PAI harus berkontribusi dalam menyebarkan nilai-nilai moderasi tidak hanya kepada peserta didik, tapi juga kepada orang tua dan masyarakat secara lebih luas.

“Moderasi Beragama harus menjadi program bukan hanya bagi keluarga besar Kementerian Agama (Kemenag), namun semua orang bisa ikut mengetahui,” ujarnya, Selasa (14/11).

Kakanwil menambahkan, dengan jaringan guru yang tersebar di 17 kab/kota se Sultra, AGPAII Sultra memiliki peran strategis sebagai agen dalam penguatan semangat kebangsaan, menjaga keutuhan NKRI serta mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin.

“Di sekolah, nilai-nilai moderasi beragama dapat dituangkan dalam materi atau modul PPG Guru PAI. Misalnya yang berkaitan dengan empat indikator moderasi beragama yakni komitmen kebangsaan, anti kekerasan, sikap toleransi dan penerimaan terhadap tradisi lokal,” pungkasnya.

 

Reporter: La Dedi

Editor     : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *