LPPMP UHO Gelar Presentasi Laporan Monev Tindak Lanjut RTM Hasil dari AMI Siklus 5

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Halu Oleo (UHO) menyelenggarakan Presentasi Laporan Monev Tindak Lanjut Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) hasil dari Audit Mutu Internal (AMI) Siklus 5, di Hotel Horison Kendari lantai 5, Rabu (13/12/2023).

Dalam semangat transparansi dan akuntabilitas. Giat ini dibuka secara resmi Ketua LPPMP UHO, Dr. La Ode Santiaji Bande. Acara ini menjadi arena utama bagi para pemangku kepentingan, terutama para ketua dan Sekretaris Unit Jaminan Mutu dan Sistem Informasi (UJMSI) fakultas/PPs.

Serta ketua jurusan/koordinator Program Studi (Podi), berjumlah 133 peserta. Presentasi laporan Monev ini mencerminkan komitmen mendalam UHO untuk terus meningkatkan mutu pendidikan melalui evaluasi dan perbaikan yang berkelanjutan.

Ketua LPPMP UHO, Dr. La Ode Santiaji Bande dalam arahannya terkait urgensi RTM AMI dan untuk memastikan kepatuhan setiap unit akademik menindaklanjuti temuan baik yang bersifat bersifat Observasi (OB) dan Ketidaksesuaian (KTS).

Ia menuturkan, acara ini dilaksanakan seiring dengan tahapan dalam Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP), di mana fokusnya adalah untuk mengevaluasi pencapaian dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan seiring dengan hasil AMI Siklus 5.

“Setiap fakultas/PPS agar menyampaikan temuan-temuan tersebut dan menjelaskan tindak lanjut yang diambil untuk meningkatkan mutu Pendidikan di jurusan/Prodi masing-masing,” ujarnya.

Dalam konteks PPEPP sambung dia, presentasi laporan Monev ini tidak hanya sebagai langkah evaluasi, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memetakan langkah-langkah strategis menuju perbaikan berkelanjutan.

Jadwal presentasi masing-masing fakultas/PPs menjadi panduan bagi peserta untuk memahami lebih dalam area mana yang sudah mencapai standar mutu baik dan di mana perlu dilakukan peningkatan.

Sementara itu, Sekretaris LPPMP, Dr. Muhaimin Hamzah menambahkan, sebanyak 15 UJMSI fakultas/PPs aktif melaporkan tindak lanjut secara bergiliran. Mereka menjelaskan dengan rinci langkah-langkah yang telah diambil untuk menanggapi temuan dari AMI Siklus 5.

Laporan tersebut mencakup item temuan yang sudah ditindaklanjuti dan dinyatakan selesai, termasuk temuan bersifat Observasi (OB) dan Ketidaksesuaian (KTS).

“Proses pelaporan ini menciptakan ruang diskusi yang interaktif, di mana para peserta dapat bertukar pandangan, memberikan saran, dan memberikan masukan konstruktif,” ucapnya.

Dalam kerangka acara, Sekretaris LPPMP dan Ketua Panitia memainkan peran penting dalam memandu diskusi. Mereka tidak hanya memberikan bimbingan, tetapi juga memberikan masukan pada bagian yang dianggap belum memenuhi ketentuan atau perlu diperhatikan lebih lanjut.

Diskusi dipandu dengan cermat, fokus pada pencapaian dan perbaikan yang telah dilakukan, sambil memberikan arahan dan bimbingan bagi setiap fakultas/PPs untuk meningkatkan kualitas implementasi tindak lanjut.

Sekretaris LPPMP dan Ketua Panitia memastikan bahwa presentasi tidak hanya menjadi pelaporan formal, tetapi juga menjadi forum untuk belajar dan pertukaran pengetahuan.

Selain itu, Ketua Panitia, Dr. Putu Arimbawa berharap, agar para peserta tidak hanya sebagai pendengar, tetapi juga sebagai pemangku kebijakan yang dapat memberikan masukan dan kontribusi berharga.

“Acara ini tidak sekadar sebagai platform penyampaian temuan AMI, tetapi juga menjadi wadah untuk memperkuat komitmen kolektif UHO dalam menjaga dan meningkatkan standar mutu pendidikan,” ungkapnya.

Tambahnya, melalui diskusi mendalam dan kolaborasi aktif, diharapkan acara ini juga akan melahirkan langkah-langkah konkret untuk terus memajukan mutu pendidikan di UHO Kendari.

Diketahui, pelaksanaan RTM ini menjadi langkah kritis setelah selesainya AMI, dan undangan untuk hadir pada presentasi laporan Monev Tindak Lanjut yang diterbitkan sesuai dengan Surat Rektor UHO Nomor 5334/UN29/JM/2023, tertanggal 29 November 2023.

Kehadiran jadwal presentasi yang dilampirkan menjadi bukti akan ketelitian dan transparansi panitia dalam menyusun acara ini, memberikan kesempatan bagi setiap Fakultas/PPs untuk memaparkan hasil RTM dan langkah-langkah yang diambil.

Reporter : La Dedi

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *