Mapala Unsultra Sinergi dengan WCD Sultra Gelar Aksi Bersih- Bersih Lingkungan Kampus

Pendidikan1121 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Dalam rangka menyambut hari lingkungan hidup, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) bersinergi atau berkerjasama dengan Word Cleanup Day (WCD) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan aksi bersih-bersih di lingkungan Unsultra bersama Birokrasi, Dosen, dan Mahasiswa, Sabtu (10/6/2023).

Aksi peduli lingkungan tersebut, dimulai sejak pukul 07.00 WITA pagi, dengan mengumpulkan puluhan sampah plastik disekitaran lingkungan kampus yang dikemas dalam kantung plastik hitam.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric mengatakan, bahwa aksi bersih-bersih lingkungan kampus ini dipusatkan di Asrama Mahasiswa, mengingat karena volume sampah cukup cukup banyak disana yang berasal dari penghuni asrama.

“Budaya bersih harus kita miliki oleh kampus. Kita ini kan dunia akademik. Karena kampus kita ini belum ada pagar keliling sementara kita upayakan dalam penertiban lahan,” katanya.

Prof Andi berharap, mahasiswa untuk tetap menjaga lingkungan sekitar, mereka  adalah masa depan bangsa dan menjadi contoh bagi manusia lainnya.

“Mahasiswa harus sadar akan kebersihan sesuai brand kita kampus SEKSI yaitu Elok dan Nyaman. Harus bersama-sama mewujudkan nawacita itu, demi kenyamanan dan ketertiban lingkungan kampus,” jelas Prof Andi Bahrun.

Sementara Ketua Mapala Unsultra Firmansyah mengatakan, aksi bersih- bersih dalam lingkungan kampus Unsultra akan dilakukan dalam setiap minggu dan pihaknya akan berkomunikasi dengan pimpinan  kampus.

Kata dia, Mapala Unsultra setiap tahun melakukan aksi bersih peduli lingkungan, dirancang bersama lembaga terkait guna menekan pengelolaan lingkungan yang bersih dan nyaman.

“Insya Allah sebagai tindak lanjut kegiatan aksi bersih-bersih bersama Unsultra akan mengadakan seminar 14 Juni 2023 mendatang,” katanya.

Senada disampaikan Lider WCD Sultra Ardan Sudu menyampaikan aksi bersih dilakukan dalam setiap tahun sebagai bentuk kepedulian lingkungan.

Kata Ardan WCD mengajarkan kepada masyarakat umum termaksud lingkungan kampus penting merawat lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan yang menimbulkan adanya penyakit atau berdampak buruk pada kesehatan lingkungan. 

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *