Membanggakan! SMPN 1 Kendari Sabet Juara 1 Lomba Tari Lariangi Tingkat SMP se Kota Lulo

#Dalam Rangka HUT Kota Kendari ke-172

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Membanggakan! satu lagi torehan prestasi yang diraih siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kendari. Terbaru, 7 penarinya berhasil menyabet juara 1 lomba Tari Lariangi tingkat SMP Se Kota Kendari dalam rangka HUT Kendari ke-172 baru- baru ini.

Adalah, Vania Nathania Elisa (VIII.5), Aulya Aura Putri Johansyah (VIII.1), Aira Dublin Hugua (VIII.1), Oshyn Dwi Novita (VIII.4), Fanny Yunus (VIII.5), Elita Nindyana Nurdin (VIII.5), Meidina Salim (VIII.5).

Kepala SMPN 1 Kendari, Abdul Hamid, S.Pd., M.Pd mengapresiasi torehan prestasi yang diraih 7 siswinya yang telah berhasil meraih peringkat pertama dilomba Tari Lariangi tingkat SMP se Kendari dalam rangka memeriahkan Dirgahayu Kendari ke-172.

Ia menjelaskan, torehan prestasi ini bukan kali pertama diraih siswanya. Sebut dia, sudah ada beberapa iven bergengsi yang  berhasil dan sempat dijuarai. Makanya pada HUT RI ke-77 kemarin, beberapa siswi di SMPN 1 Kendari terpilih mewakili Sultra di Istana Negara.

“Untuk pembinaan seni khususnya tari, kami melakukan kerja sama dengan insan- insan seni dari luar sekolah yang rutin melakukan latihan, setiap minggu itu 1 sampai 2 kali latihannya. Sehingga siswa kami tampil di HUT Kendari kemarin persiapannnya tinggal dipoles saja dan latihan beberapa hari sudah bisa menjadi juara,” ujarnya, Senin (15/5/2023).

Ia menuturkan, torehan prestasi ini juga merupakan ajang promosi atau publikasi bagi SMPN 1 Kendari, karena pagelaran dan prestasinya dapat disaksikan langsung oleh masyarakat Kota Lulo atau Kota Kendari itu.

Selain itu, bagi siswa sendiri torehan ini dapat meningkatkan bakat dan menyalurkannya. Kedepan piagam peringkat 1 ini dapat dimanfaatkan siswinya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Ia berharap, prestasi yang diraih siswa SMPN 1 Kendari ini, mudah- mudahan  dapat ditingkatkan lagi dan meraih prestasi- prestasi yang lebih baik lagi kedepannya.

“Setelah selesai pagelaran ini (Lomba Tari Lariangi) tingkat SMP se Kota Kendari, kami juga langsung mengikuti seleksi tingkat kota pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) untuk dilombakan ditingkat nasiona,” pungkasnya.

Diketahui, juara 2 lomba seni dan budaya kategori Tari Lariangi, yakni SMPN 9 Kendari, juara 3 SMPN 2 Kendari, Juara harapan 1 SMPN 12 Kendari, harapan 2 SMPN Kartika, dan juara harapan 3 SMPN 19 Kendari.

Diketahui, Lariangi adalah tari tradisional suku Tolaki yang dilaksanakan untuk menyambut raja- raja yang kembali dari peperangan dengan hasil membawa kemenangan. Namun pada saat sekarang, tarian ini ditampilkan untuk menyambut tamu kehormatan, seperti presiden, gubernur, bupati, menteri atau pejabat lainnya.  (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *