Pasca Menandatangani PK dengan Kemendagri, Bappeda Kendari Gelar Sosialisasi Aplikasi Puja Indah  

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Pasca menandatangani Pernyataan Komitmen (PK) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Kendari menggelar Sosialisasi aplikasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah), di Command Centre Balai Kota Kendari, Rabu (17/1/2024).

Aplikasi Puja Indah merupakan hasil pengkajian, perekayasaan, pendataan, adopsi dan modifikasi, serta replikasi berbagai inovasi daerah menjadi sebuah inovasi berskala nasional untuk mendorong inovasi tata kelola pemerintahan daerah.

Selanjutnya, inovasi pelayanan publik, dan mengintegrasikan inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri, Nuril menjelaskan, aplikasi Puja Indah merupakan layanan pemerintahan berbagi pakai berbasis data input yang dikembangkan untuk mempercepat layanan pemerintahan melalui layanan elektronik dalam satu platform

Sambung Nuril, melalui aplikasi ini, pemerintah daerah dapat lebih cepat menggandakan inovasi. Hingga tahun 2023 sebanyak 156 daerah telah menandatangani PK.

“Saat ini ada 12 layanan pemerintahan dan 3 layanan tematik ,” katanya.

12 layanan itu yakni, layanan pendidikan, layanan perizinan, layanan kesehatan, layanan ketenagakerjaan, layanan kependudukan, layanan komoditas, layanan aspirasi, layanan trantibunlinmas, layanan sosial, layanan pariwisata, layanan pekerjaan umum dan layanan perhubungan.

Sedangkan 3 layanan tematik yakni, pajak dan retribusi daerah, data tunggal kemiskinan dan BUMDes. Aplikasi ini bisa digunakan seluruhnya atau sebagian, sesuai kebutuhan daerah masing-masing.

Dia menambahkan, layanan Puja Indah dapat dimanfaatkan masyarakat sangat tergantung pada informasi yang disediakan admin dan operator, ketika admin dan operator tidak aktif dalam melakukan penginputan data.

“Maka aplikasi ini akan kosong, jadi ketika dibuka masyarakat itu seperti aplikasi yang mati atau aplikasi yang belum ada manfaatnya,” ujarnya.

Diketahui, sosialisasi ini dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan Aplikasi Puja Indah yang dibawakan Kepala Bidang E-government Dinas Kominfo Kota Kendari, Heri. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *