Pastikan UTBK- SNBT Berjalan Lancar dan Sukses, Rektor UHO Gencar Lakukan Monitoring Secara Luring dan Daring

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Sebagai upaya memastikan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)- Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 berjalan lancar dan sukses di Universitas Halu Oleo (UHO), sejak 8- 14 Mei 2023 mendatang.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc tidak henti- hentinya terus melakukan monitoring atau pemantauan pelaksanaan ujian, baik secara Luar Jaringan (Luring) maupun Dalam Jaringan (Daring) di kampus hijau tersebut.

Menurut Prof Zamrun, selama pelaksanaan UTBK-SNBT dirinya terus melakukan komunikasi yang intens dengan para panitia ujian melalui Koordinator UTBK-SNBT dalam hal ini dijabat oleh Wakil Rektor (WR) I, Dr La Hamimu.

Lokasi UTBK-SNBT 2023 ini dipusatkan di Kampus Bumi Tridharma, Jalan HEA Mokodompit Andounohu Kendari. Tercatat ada 19 lokasi dan 38 laboratorium komputer digunakan untuk menyukseskan SNBT UHO yang serentak dilaksanakan se Indonesia.

Ia menuturkan, total kuota SNBT 2023 UHO saat ini sekitar 3.500 orang. Angka tersebut bertambah karena memang kuota Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) beberapa waktu yang lalu  tidak terpenuhi, sehingga dialihkan ke SNBT yang tersebar di seluruh Progrom Studi (Prodi) di UHO.

“Pemantauan UTBK-SNBT sekarang ini sudah gampang karena sudah di pusatkan di Kampus Bumi Tridharma, Jalan HEA Mokodompit Andounohu Kendari.  Jadi para panitia selalu menginformasikan setiap saat perkembangan UTBK-SNBT kepada koordinator, kemudian diteruskan kepada saya,” ujarnya yang juga sebagai Ketua Keluarga Alummi Universitas Gadja Mada (Kagama) Sulawesi Tenggara (Sultra) itu.

Sehingga ketika terjadi hal- hal yang tidak diinginkan, lanjut dia, pihaknya langsung bergerak cepat menyelesaikan kendala- kendala yang muncul selama pelaksanaan UTBK-SNBP di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di Bumi Anoa ini. Makanya selama UTBK-SNBT berlangsung pihaknya selalu berada di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustik) UHO.

Ia menghimbau, agar peserta UTBK-SNBT berlaku jujur dengan mengerjakan soal dengan sebaik- baiknya dan percaya kepada diri sendiri, serta menghindari berbuat curang yang nantinya berakibat fatal. Sebut dia, untuk itu percayakan kepada kemampuan sendiri.

“Insya Allah kalau dikerjakan dengan baik dan kalau hasilnya bagus, Insya Allah lulus. Saya pastikan UTBK-SNBT ini tidak ada intervensi dari manapun, semuanya tergantung dengan hasil yang diperoleh pada saat mengerjakan soal UTBK-SNBT,” pungkasnya.

Diketahui, pelaksanaan UTBK-SNBT 2023, gelombang II berlangsung pada 22- 28 Mei 2023 mendatang.

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *