Peringati HUT RI ke-78, Langkoe Diving Club UHO Sukses Gelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut Desa Wawatu

HaluoleoNews.ID, ANDOOLO- Langkoe Diving Club (LDC) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) sukses menyelenggarakan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut, bertajuk “Semangat Kemerdekaan! Di Darat Kita Berkarya Di Laut Kita Jaya”, bertempat di Perairan Desa Wawatu, Kec. Moramo Utara, Kab. Konawe Selatan (Konsel), Rabu (16/8/2023).

Pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik indonesia (RI) ke-78. Turut melibatkan Pangkalan Angkatan (Lanud) Halu Oleo (HO); Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari; Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Sultra.

Selanjutnya, PT DSSP Power Kendari; Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FPIK UHO; Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar Wilayah Kerja Kendari; OK Dive; Konsel Scuba Community; GT Dive; Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Selam UHO; Biotechnology Diving Club (BDC) FMIPA UHO.

Ketua Umum (Ketum) LDC FPIK UHO, Nariswari Sulastri Asis mengatakan, bahwa kegiatan pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan LDC FPIK UHO setiap tahun dalam rangka HUT RI. Untuk tahun ini, pihaknya menyusung tema “Semangat Kemerdekaan! Di Darat Kita Berkarya Di Laut Kita Jaya”.

Artinya sambung dia, LDC sering melaksanakan berbagai kegiatan atau aktivitas lingkungan. Pihaknya juga sangat aktif melakukan kegiatan- kegiatan dilaut, salah satunya kegiatan pengibaran bendera merah putih dibawah laut.

“Untuk para penyelam yang melakukan upacara pengibaran bendera di bawah laut itu kurang lebih ada 25 orang. Dimana pesertanya ada dari Lanud Halu Oleo (HO); Lanal Kendari; PolairudPolda Sultra; PT DSSP Power Kendari; IKA FPIK UHO; BPSPL) Makassar Wilayah Kerja Kendari; OK Dive; Konsel Scuba Community; GT Dive; UKM Selam UHO; BDC FMIPA UHO dan seluruh panitia LDC,” ujarnya, Kamis (17/8).

Ia menuturkan, untuk upacara di bawah laut itu terletak pada kedalaman sekitar 5- 6 meter tepat di dekat lokasi LDC selesai melakukan transplantasi karang di di perairan Desa Wawatu. Beber dia, pengibaran bendera tersebut berlangsung dengan sukses dan khidmat. Rangkaian teknis ini menggambarkan semangat mengharumkan nama bangsa.

Kata dia, semangat 45 dan semangat kebersamaan yang telah dipupuk dan dibangun LDC FPIK UHO selama ini mampu mengalahkan segalanya. Maka dari itu sebut dia, pentingnya terus menjaga dan meningkatkan rasa solidaritas terhadap bangsa dan negara.

“Seperti tema yang diangkat pada HUT RI ke-78 ini, yakni Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” pungkasnya

Diketahui, LDC merupakan kelompok organisasi mahasiswa FPIK UHO yang  mewadahi minat dan aspirasi mahasiswa perikanan dengan   latar belakang keinginan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan di bidang selam dan riset bawah air serta sasaran persiapan mahasiswa menyongsong pembentukan disiplin ilmu kelautan dan perikanan. (red/id)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *