Prof Zamrun Terus Lakukan Pengembangan Akademik UHO

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Rektor Uniiversitas Halu Oleo (UHO), Prof Muhammad Zamrun Firihu saat ini terus melakukan pengembangan dalam bidang akademik untuk kampus hijau yang lebih baik.

Menurutnya, beberapa aspek penting yang perlu ditekankan pada bidang akademik. Adalah sebut dia, penguatan kelembagaan akademik, Inovasi kurikulum dan pembelajaran, peningkatan layanan akademik, dan publikasi Ilmiah.

”Penguatan kelembagaan akademik yang dilakukan UHO dalam mendukung peningkatan akreditasi perguruan tinggi (PT) yakni dengan mendorong peningkatan akreditasi setiap program studi lingkup UHO,” ujarnya belum lama ini.

Meningkatkan akreditasi Program Studi (Prodi) akan menunjang akreditasi PT. UHO telah melakukan berbagai upaya dan dukungan, baik melalui LPPMP (Lembaga Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan) maupun fakultas dan jurusan/Prodi.

Sedangkan inovasi kurikulum dan pmbelajaran, UHO menyesuaikan dan menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yakni “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka”.

Diharapkan menjadi jawaban antara link and match dengan industri, dunia kerja, penelitian dan kebutuhan yang ada di desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, negara dan dunia.

Ia menuturkan, untuk layanan akademik memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis sebagai pendukung kualitas studi mahasiswa UHO. Untuk itu, peningkatan layanan akademik selalu diupayakan, mulai dari awal sampai akhir studi.

Peningkatan mutu layanan akademik PT dapat dilihat dari mutu perencanaan layanan akademik PT, dilakukan dengan menempuh langkah-langkah strategis meliputi pembentukan tim, pengumpulan data (diagnosis), perumusan Renstra (peletakan dasar filosofis, perumusan visi dan misi, tujuan dan nilai.

Selanjutnya, analisis situasi, perumusan kebijakan strategis, perumusan rencana pengembangan jangka panjang, perumusan strategi pembiayaan, dan perumusan pengendalian strategis), pembahasan, dan sosialisasi.

“Jumlah publikasi Internasional dan Nasional dosen UHO 2023 sebanyak 878 judul (data Agustus 2023). UHO terus berkomitmen agar penelitian dan pengabdian dosen perlu melibatkan mahasiswa. Sehingga mahasiswa juga perlu mendapatkan pengalaman dalam penelitian yang berkualitas dibawah bimbingan dosennya,” pungkasnya.

Dengan cara ini, diharapkan mahasiswa juga kedepannya dapat menerbitkan jurnal minimal jurnal nasional terakreditasi sebagai prasyarat untuk mengikuti ujian. Jika langkah ini dilakukan, maka jumlah publikasi UHO semakin meningkat. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *