Program Internship Jepang Bantu Tingkatkan SDM dan Kualitas Fakultas Teknik UHO

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Tercatat sampai saat ini, ada sekitar 121 mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) yang telah berangkat ke negara Sakura atau Jepang untuk mengikuti program Internship Jepang selama 1 tahun.

Program Internship bertujuan untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) dan menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Wakil Dekan (WD) I FT UHO, Prof. Dr. La Ode Muh. Golok Jaya, ST., MT mengatakan, bahwa dalam mempersiapkan mahasiswa FT UHO mengikuti program Internship Jepang, fakultas yang dipimpin Dr. Ir. Edward Ngii, ST., MT itu mempunyai kurikulum yang mendesain mereka untuk siap berkerja.

Kata dia, pihaknya juga memiliki Sarana Prasarana (Sapras) yang cukup memadai untuk mahasiswa belajar persiapan ke Jepang sesuai dengan keterampilannya dan membuktikan bahwa mahasiswa FT UHO setelah selesai mengenyam pendidikan tinggi bisa langsung berkerja.

“Dalam program Internship ini kita juga mempersiapkan mereka mendapatkan 40 SKS pertahun, jadi 1 semesternya (6 bulan) itu 20 SKS. Jadi mereka sangat tertarik untuk ke Jepang karena mata kuliahnya dikonversi, jadi selesainya cepat, apalagi mereka disana di gaji cukup tinggi,” ujarnya, Jumat (8/12/2023).

Ia menuturkan, bahwa program intensif Jepang ini luarannya dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan institusi dalam hal ini FT UHO menuju akreditasi yang unggul. Kemudian dengan program magang tersebut membukakan peluang bagi mereka untuk berkerja di perusahaan- perusahaan besar yang ada di Jepang.

Selain itu, FT UHO mempunyai  upaya dalam menyiapkan mahasiswa melalui program Internship dalam hal membantu mahasiswa belajar berbahasa Inggris dan Jepang selama 3- 4 bulan serta budaya sebelum berangkat magang ke Jepang.

“Kita juga menjalin kerjasama dan bermitra dengan perusahaan terkait untuk menyukseskan program Internship Jepang ini,” pungkasnya seusai menghadiri penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Microsoft Japan, di Aula FT UHO lantai 3.

 

Reporter: Wd. Wilda Yanti

Editor     : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *