Pulau Indo Mubar Destinasi Wisata Bahari Tawarkan Air Laut Biru dan Pasir Putih Panjang

Wisata489 Dilihat

HaluoleoNews.ID, LAWORO- Di Sulawesi Tenggara (Sultra) tepatnya di Muna Barat (Mubar) terdapat pulau yang kini menjadi ikon wisata. Pulau Indo begitu masyarakat sekitar menyebutnya, keindahan dan keunikannya membuat siapapun terkesima.

Pulau Indo merupakan pulau kecil berpasir putih dengan ukuran 350 m x 75 m dan terletak pada gugusan kepulauan Tiworo, sebelah barat Pulau Muna. Pulau Indo memiliki nilai estetis yang tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata pantai yang ada di luar daerah Mubar.

Pulau Indo menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang menawarkan keindahan alam yang memukau, air laut yang biru dan jernih, pasir putih yang panjang serta angin sepoi-sepoi dan disuguhi dengan pemandangan sunset sore hari menambah kesempurnaannya.

Kelebihan pulau ini, mempunyai potensi keindahan bawah laut, fasilitas memadai, dan akses yang mudah bagi wisatawan. Selain itu, Mempunyai keberagaman jenis wisata bahari, potensi keindahan bawah laut, fasilitas yang memadai, dan akses yang mudah Pulau Indo menjadi alternatif destinasi liburan di Sultra.

Pulau Indo juga menawarkan keindahan alam yang memukau dengan pepohonan kelapa yang rindang. Pulau Indo juga dikenal sebagai Pantai Unggulan di Kab. Mubar. Fasilitas yang ditawarkan untuk pengunjung meliputi Cottage, Toilet, gazebo, dan Tempat Ibadah.

Pasir putih yang ada di Pulau Indo.

Untuk sampai ke Pulau Indo, pengunjung harus menyeberang menggunakan perahu nelayan dari Desa Guali. Waktu penyeberangan sekitar 10 hingga 15 menit dengan harga tiket mulai dari Rp20 ribu. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan perjalanan dari Pelabuhan Tondasi, dengan menyewa perahu bodi batang atau jenis perahu tempel.

Perjalanan tersebut akan memakan waktu kurang lebih 30 menit dengan harga sewa yang berkisar dari Rp150 ribu. Akses ke Pulau Indo juga semakin mudah setelah kehadiran bandara Sugimanuru, yang membuat pulau ini semakin diminati wisatawan lokal maupun asing.

Untuk mengunjungi pulau ini, wisatawan dapat menyewa perahu yang disediakan nelayan yang siap mengantar ke tempat tujuan dengan lama perjalanan sekitar 10 hingga 15 menit. Di pulau indo juga tersedia pula gazebo-gazebo yang dapat disewa oleh para pengunjung.

Pemerintah Kab. Mubar mulai melakukan pembenahan terhadap wisata bahari ini untuk menggali potensi wisata di daerah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata yang dijuluki sebagai Bali nya Muna, tidak jarang banyak yang bilang Pulau Indo lebih indah dibandingkan dengan Pulau Dewata, Bali .

Terdapat berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, mulai bermain di pantai menikmati pasir putih dan air laut yang jernih, snorkeling dan Diving, menjelajah keindahan bawah laut Pulau Indo. Berperahu menikmati pemandangan sekitar pulau, bersepeda, menjelajahi pulau serta desa sekitarnya.

Selanjutnya, berburu kuliner, menikmati makanan khas daerah dan kuliner laut.Pulau Indo Muna Barat menawarkan pengalaman liburan yang menarik bagi para wisatawan yang menyukai keindahan alam dan aktivitas di pantai.

 

Reporter: Maimuna Istiqomah

Editor : La Ode Hamid

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *