Sukses Gelar Ramah Tamah, Prof Andi Bahrun Ucap Terima Kasih kepada Pejabat di Kampus “SEKSI” Semakin Kreatif Tampilkan Berbagai Kegiatan

Berita Utama2165 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Dalam rangka mempererat ikatan silaturahmi mahasiswa dan alumni serta civitas akademika, Program Studi (Prodi) Magister Hukum Pascasarjana Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menyelenggarakan Ramah Tamah dan Temu Alumni, bertempat di Ballroom Phinisi Claro Kendari, Senin (20/5/2024) malam.

Ramah Tamah dan Temu Alumni Magister Hukum ini baru pertama kali dilaksanakan di kampus merah maron itu. Turut dihadiri, diantaranya Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Unsultra, Muhammad Yusuf; Rektor Unsultra Prof. Andi Bahrun; Direktur Pascasarjana, Dr. La Ode Bariun; Ketua Prodi Magister Hukum, Dr. Hijriani; Internasional Volunteer dari Prancis, Elma Gaya Grei.

Saat ditemui awak media, Rektor Unsultra, Prof. Andi Bahrun sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para pejabat di kampus “SEKSI” itu baik di tingkat fakultas maupun Pascasarjana. Katanya, karena semakin kreatif dan inovatif dalam menampilkan berbagai bentuk kegiatan.

“SEKSI” sendiri merupakan akronim dari Santun dan Beretika, Elok dan Nyaman, Kreatif dan Inovatif, Sejahtera dan Harmonis, Idaman dan Berdaya Saing. Prof Andi mengatakan, bahwa kegiatan Ramah Tamah dan Temu Alumni Prodi Magister Hukum Pascasarjana ini semacam temu kangen, karena memang didalam satu alumni itu diibaratkan dengan satu pertapaan dalam periode tertentu (2 tahun atau 4 semester).

Sambungnya, pada periode tersebut, para mahasiswa magister ini saling kenal, saling berinteraksi, berdiskusi, berbagi, memberikan solusi , membantu dan seterusnya. Sehingga terjadi kerja sama, kekompakan yang selama ini mungkin mempunyai tugas atau kesibukan masing- masing.

“Hari ini mereka melaksanakan Ramah Tamah dan Temu Alumni. Tentu tujuannya, adalah mempererat silaturahmi, dan semakin mengokohkan kebersamaan mereka sebagai sesama alumni Magister Hukum Unsultra,” ujarnya.

Lanjut Prof Andi, semoga mereka (alumni Magister Hukum Unsultra) semakin harmonis dan kompak, sekaligus dapat menyatukan tekad serta komitmen untuk bersama- sama memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan dan kemajuan kampus yang dinahkodai Prof Andi Bahrun itu.

Tentu sebutnya sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing- masing. Bebernya, mungkin lewat gagasan pemikiran, network atau jaringan, dan alumni Unsultra bisa menerima mahasiswa S1 dan S2 Unsultra magang di tempat ia berkerja serta lainnya.

Selain itu, alumni magister ini mampu menunjukan jalan untuk membangun network baru bagi Unsultra. Harapannya untuk kemajuan kampus yang pernah meraih penghargaan bergengsi Di LLdikti Awards 2022 lalu sebagai perguruan tinggi dengan system pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) terbaik, karena salah satu factor pilar kemajuan suatu institusi itu adalah alumninya.

“Kita ambil contoh Harvard University yang merupakan kampus terbaik di dunia itu, dia bisa maju Salah satunya karena ada peran dari pada alumninya. Makanya itu yang saya harapkan selain membangun silaturahmi, ramah tamah dan temu alumni ini bisa memberikan kontribusi untuk perkembangaan dan kemajuan Unsultra,” ucapnya.

Disamping itu, pihaknya juga mendorong para alumni ini untuk memberikan motivasi lagi melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi (S3). Selain itu lewat Ramah Tamah dan Temu Alumni ini, pengelola Prodi Magister Hukum Pascasarjana Unsultra bisa meminta masukan kepada alumni untuk perbaikan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan.

Lanjut Prof Andi, apakah terkait dengan kurikulum, materi pembelajaran dan lainnya. Momen seperti inilah, sehingga saling mengisi antara alumni dengan almamaternya.

Direktur Pascasarjana Unsultra, Dr. La Ode Bariun menyebut, sejak lahir 2018/2019 Pascasarjana Unsultra telah telah sukses menyelenggarakan 6 kali prosesi wisuda, dengan menelorkan 89 orang alumni.

“Alhamdulillah, di 2024 ini. Pascasarjan Unsultra berhasil melahirkan lagi 1 Program Magister. Yakni Ilmu Pemerintahan,” ujarnya.

Sampai saat ini, Pascasarja Unsultra telah melahirkan berbagai alumni Magister Hukum dengan berbagai latar belakang profesi, mulai pengacara, Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI-Polri dan lainnya. Sehingga, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Unsultra khususnya Prodi Magister Hukum Pascasarjana Unsultra.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara alumni dan civitas akademika Unsultra. Sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat untuk meraih kesuksesan bersama,” pungkasnya.

Ketua Prodi Magister Hukum Pascasarjana Unsultra, Dr. Hijriani mengungkapkan, bahwa kegiatan Ramah Tamah dan Temu Alumni Prodi Magister Hukum ini merupakan momen berkumpul kembali dalam semangat kebersamaan dan kekeluargaan.

Pada kesempatan itu, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh alumni yang telah berkontribusi dalam pengembangan Prodi khususnya pelaksanaan kegiatan tersebut. Alumni adalah bagian dari sejarah dan pencapaian Prodi Magister Hukum, dan kami bangga memiliki alumni sebagai bagian dari keluarga besar Pascasarjana Unsultra.

“Acara ini menjadi wadah untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan jaringan. Kami berharap bahwa melalui pertemuan ini, kita dapat memperkuat hubungan antara alumni, mahasiswa, dan dosen, terus berkolaborasi dan berkontribusi untuk kemajuan Prodi  Magister Hukum. Semoga bisa terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan program studi, dan Semoga acara ini menjadi awal dari banyak pertemuan berharga di masa depan,” tutupnya.

Diketahui, Prodi Magister Hukum Pascasarjana Unsultra ini merupakan kelas kerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas). Dimana, penyelenggaraan kuliahnya dilangsungkan di lingkup kampus merah maron dan Unhas. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *