Tim Dosen Fakultas Farmasi UHO Kolaborasi dengan BPOM Lakukan Sosialisasi PHBS dan Kenalkan Jajanan Sehat di SDN 6 Kendari

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Tim dosen Fakultas Farmasi (FF) Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Program Kemitraan Masyarakat Internal (PKMI) berkolaborasi dengan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kendari melakukan Sosialisasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan memperkenalkan karakteristik jajanan sehat pada anak di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 6 Kendari, pada 26 Juli 2023.

Adalah, apt. Nuralifah, S.Farm.,M.Kes (ketua); apt. Parawansah, S.Farm.,M.Kes. dan apt. Loly Subhiaty Idrus, S.Farm., M.S. Farm. Serta diikuti pihak Balai POM Kendari,  apt.Ratna Palupi Fajarini, S.Farm, kegiatan ini diikuti siswa SDN Negeri 6 Kendari dan dibuka oleh Kepala Sekolah ibu Hartina, S.Pd.,M.S.Pd.

Ketua Tim Dosen FF UHO, apt. Nuralifah, S.Farm.,M.Kes mengatakan, bahwa sosialisasi ini dilaksanakan sebagai salah satu langkah pencegahan stunting dengan memperkenalkan secara dini kepada anak-anak terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pentingnya mengetahui karakteristik jajanan sehat di lingkungan sekolah.

Ia menuturkan, jenjang Sekolah Dasar (SD) merupakan masa keemasan untuk menanamkan perilaku PHBS sehingga kedepannya akan membentuk perilaku mereka untuk memiliki kemampuan dan kemandirian dalam mencegah penyakit.

Sambung dia, meningkatkan kesehatannya serta dapat berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat baik di sekolah, keluarga maupun masyarakat.

“Tatanan PHBS melibatkan beberapa elemen yang merupakan bagian dari tempat beraktivitas dalam kehidupan sehari – hari. Salah satunya PHBS di Sekolah,” ujarnya, Kamis (3/8).

Ia mengungkapkan, bahwa manfaat PHBS di Sekolah mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, meningkatkan proses belajar mengajar para siswa dan guru hingga masyarakat serta lingkungan sekolah menjadi sehat.

Sebut dia, contoh PHBS di sekolah salah satunya beber dia, mengonsumsi jajanan sehat. Jajanan sehat yang penting untuk dikonsumsi siswa-siswi adalah jajanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral Karena jajanan yang sehat dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan peserta didik sehingga dapat menjadi generasi yang sehat, cerdas, berprestasi dan berkarakter.

“Sebaliknya, jangan mengonsumsi makanan yang terlihat kotor, berwarna mencolok, tidak tertutup atau terbungkus, serta terlalu gurih atau manis,” pungkasnya.

Diketahui, narasumber dalam kegiatan ini, yakni pertama apt. Nuralifah, M.Kes selaku Ketua Timm Pengabdian Masyarakat Fakultas Farmasi UHO dengan materi  “Langkah Pencegahan Stunting”. Narasumber kedua, apt. Ratna Palupi dari BPOM Kendari dengan materi “5 kunci keamanan pangan”.

Selanjutnya, narasumber ketiga, apt. Loly Subhiaty idrus, S.Farm, M.S.Farm selaku Anggota Tim Pengabdian Masyarakat FF UHO dengan materi “Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)”.

 

Reporter : Ruslan

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *