UHO Target 62 Journal Terakreditasi Tahun ini

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi (PT). Universitas Halu Oleo (UHO) tahun ini menargetkan sebanyak 62 Journal terakreditasi. Guna mencapai itu, kampus yang dipimpin Prof Zamrun itu melakukan kontrak kinerja dengan pimpinan fakultas  lingkup kampus hijau itu.

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UHO, Prof. Dr. Eng. I Nyoman Sudiana, S.Pd., M.Si mengatakan, bahwa kualitas Journal terakreditasi ini sangat berkait dengan dengan kualitas institusi, karena yang menentukan Journal terakreditasi atau tidak itu bukan dari UHO.

Melainkan, sambung dia, ada dari pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Begitupun akreditasi Program Studi (Prodi), jadi diperiksa terkait dengan kualitas terbitan, pengelola, tampilan website, kemudian berapa banyak orang yang membaca artikel- artikelnya.

“Target Journal terakreditasi UHO tahun ini berjumlah 62 Journal. Sekarang yang sudah terakreditasi sebanyak 59 Journal, jadi tinggal 3 journal lagi dan itu kita optimis bisa capai tahun ini,” ujarnya, Senin (22/5/2023).

Ia menuturkan, sebenarnya saat ini UHO mempunyai ratusan Journal yang siap untuk diakreditasi. Biasanya sebut dia, ketika Journal tersebut dimasukan untuk diakreditasi, maka biasanya beberapa bulan baru keluar hasil akreditasi Journalnya.

Lanjut dia, apakah dia terakreditasi Science and Technology Index (Sinta) level 6, 5, 4, 3, 2 atau 1. Kalau Sinta level 1 kayaknya kampus hijau itu sulit untuk mencapai, tetapi kalau Journal akreditasi nasional tidak disebutkan levelnya UHO bisa capai.

“59 Journal terakreditasi UHO ini merupakan sebuah prestasi dan menjadi salah satu penilaian kualitas PT, karena proses pemeriksaan dan penilaian  puluhan Journal ini  bukan dari kami tetapi dari pihak kementerian, dan itu bukan pekerjaan yang gampang,” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *