UHO Terus Berusaha Kembangkan Diri Tingkatkan Kualifikasi Tenagaa Pendidik dan Tenaga Kependidikan

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Universitas Halu Oleo (UHO) terus berusaha mengembangkan diri dengan meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Salah satu kebijakan yang diambil adalah memberikan kemudahan dalam memperoleh izin mengikuti seleksi untuk mendapatkan beasiswa lanjut studi maupun bantuan untuk program dosen magang.

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, bahwa bagi dosen yang melanjutkan studi dengan izin belajar, mereka dapat diberikan bantuan studi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kebijakan tersebut, menunjukan semakin meningkatnya jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang mampu meningkatkan kualifikasi akademiknya,” ujarnya belum lama ini.

Selain itu, kata Prof Zamrun, jumlah dosen UHO sampai dengan 31 Juli 2023 sebanyak 1.505 orang yang teridiri atas 1.144 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 361 orang Non PNS.

Ia mengungkapkan, dosen UHO saat ini minimal berkualifikasi S2 dan setiap tahun terjadi peningkatan kualifikasi S3.

“Peningkatan jumlah dosen berkualifikasi S3 dapat mendorong peningkatkan jabatan akademik dosen,” pungkasnya.

Ia menuturkan, untuk jumlah tenaga kependidikan UHO sampai 31 Juli 2023 sebanyak 764 orang, dengan sebaran PNS: 372 orang dan PHT: 392 orang.

Secara kuantitas jumlah tenaga kependidikan yang ada di UHO berdasarkan jenjang atau kualifikasi pendidikan dapat dikategorikan memadai. Jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa UHO 38.292 orang.

“Maka rasio tenaga kependidikan dan mahasiswa adalah 1:51, ini kategori baik,” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *