Unsultra Bersama PPI Sultra Gelar Diskusi Kolaborasi Pemanfaatan Rinov

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Kepedulian tersebut dibuktikan dengan kegiatan diskusi kolaborasi pemanfaatan Riset dan Inovasi (Rinov), pada Kamis, 6 Juni 2024.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara virtual bekerjasama dengan Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Diskusi dibuka oleh Rektor Unsultra, Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric.

Dalam sambutannya, Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun sangat menyambut baik kegiatan diskusi, karena ikut dihadiri oleh para pejabat structural dan fungsional baik Unsultra, Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Sultra dan Kabupaten/kota se – Sultra. Selain itu, diskusi ini sesuai tema akan membahas pemanfaatan riset.

Prof Andi Bahrun menyatakan,  bahwa riset-riset telah banyak dilakukan baik oleh perguruan tinggi, yakni dosen dan mahasiswa, lembaga riset pemerintah maupun swasta, namun sebagian besar riset-riset tersebut belum berakhir pada pemanfaatan. Unsultra  sebagai sebuah lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga menyadari bahwa pihaknya  telah banyak melakukan riset.

Sambungnya, tetapi belum banyak dimanfaatkan. Prof Andi Bahrun memberi solusi baru, yaitu komersialisasi hasil-hasil riset agar bisa memenuhi makna inovasi, karena menurutnya  tidak ada inovasi dari hasil riset jika tidak ada manfaatnya atau tidak komersialisasi. Oleh karena itu meningkatkan pemanfaatan hasil reset perlu didorong kolaborasi penelitian oleh Perguruan Tinggi dengan para pihak.

”Kolaborasi riset yang berkualitas akan memberikan nilai manfaat seperti meningkatkan reputasi akademik institusi dan insan peneliti, memperluas wawasan dan memperkaya sumber daya penelitian, memberikan solusi permasalahan lokal, nasional dan bahkan global, memperluas jejering penelitian, meningkatkan nilai tambah sumber daya alam khususnya produk unggulan daerah dan nasional,” ujarnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Wilayah Sultra, Dr. La Fariki mensosialisasikan Organisasi yang dipimpinya, bahwa Perhimpunan Periset Indonesia adalah organisasi profesi periset yang anggotanya bisa berasal dari 11 jabatan fungsional binaan BRIN, dosen dan peneliti swasta.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric.

Aparatur Sipil Negara atau ASN yang menjabat fungsional binaan BRIN secra otomatis menjadi anggota. Anggota PPI yang berada di Sultra hingga saat ini berjumlah 43 orang baik ASN BRIN maupun ASN pemerintah daerah, sedang dari dosen dan peneliti swasta belum ada yang menjadi anggota.

Selanjutnya La Fariki menjelaskan latar belakang dan tujuan kegiatan, yaitu  Kolaborasi dalam kegiatan penelitian telah banyak dilakukan antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah, namun masih terbatas pada pengumpulan data dan laporan penelitian yang hasilnya hanya disimpan di perpustakaan dan belum banyak yang dimanfaatkan.

“Kegiatan ini mencoba paradigma baru, yaitu bagaimana riset yang dilakukan tidak hanya disimpan di perpustakaan, tetapi bisa dimanfaatkan. Untuk itu diperlukan metode pemanfaatan, sebagian metode tersebut adalah Kolaborasi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari kegiatan ini adalah mencari model kolaborasi pemanfaatan riset,” ucapnya.

Ia menyatakan pula bahwa sebagai langkah baru pemanfaatan iptek maka kegiatan ini baru awal yang akan kita tindaklanjuti dengan langkah-langkah yang bersifat operasional, yaitu kerjasama atau kolaborasi pemanfaatan hasil-hasil riset dan inovasi antara Unsultra  dengan Perhimpunan Periset Indonesia dan BRIN.

Diketahuo, kegiatan diskusi menghadirkan 4 narasumber terdiri 2 (dua) narasumber dari Unsultra dan 2 (dua) dari Perhimpunan Periset Indonesia Sultra. Acara diskusi dipandu oleh Moderator La Oge, SP, MP dari Unsultra. Dr. La Panga narasumber dari Unsultra memaparkan tekno park sebagai metode kolaborasi pemanfaatan riset dan inovasi, Dr. Joko Tri Brata juga dari Unsultra selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat memaparkan pengalaman Kolaborasi atau kerjasama yang dilaksanakan oleh Unsultra bersama mitra-mitranya. Dr. La Sinaini dari Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Sulawesi Tenggara memaparkan tema-tema kolaborasi riset dan inovasi dan Julian Wijtaksono juga dari PPI memaparkan skema-skema pembiayaan riset yang disediakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Ketua PPI Wilayah Sultra, Dr. La Fariki.

Kegiatan diikuti oleh sekitar 40 orang peserta dari para dosen Universitas Sulawesi Tenggara, anggota PPI se – Sultra dan pejabat lingkup Badan Riset dan Inovasi Daerah Sultra serta pejabat dari Badan Riset dan Inovasi Daerah atau Badan Litbang Kabupaten/Kota se – Sultra. Para peserta dalam session diskusi menyoroti sumberdaya Iptek di daerah yang masih sangat terbatas baik kualitas maupun kapasitas. Mereka berharap ada pembelajaran dari kolaborasi riset yang telah dibangun oleh perguruan tinggi maupun dari BRIN.

Acara diskusi ditutup oleh Dr. La Fariki selaku Ketua PPI Wilayah Sultra. Ia mengapresiasi kegiatan yang berlajalan lancar, tertib, produktif dan tepat waktu. Hal-hal yang menjadi sosortan selama diskusi akan menjadi masukan bagi kegiatan-kegiatan berikutnya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan acara, terutama Unsultra  yang menyambut baik. Dirinya  tidak menyangka bahwa Unsultra melalui Rektor merespon baik ide awal diskusi hingga bisa terwujud. Sebagai penutup ia menyampaikan permohonan maaf bila kegiatan diskusi terdapat kekurangan dan berharap kegiatan ini akan berlanjut lagi pada masa-masa yang akan datang. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *