Unsultra Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Job Fair PT QMB Bagi Lulusan PTN dan PTS di Sultra

HaluoleoNews.ID, KENDARI– Hebat! Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan Job Fair oleh PT. QMB New Energy Materials, bagi lulusan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Bumi Anoa, di Gedung WTC Unsultra, pada 29 November 2023.

Tercatat lebih dari 200 pendaftar berpartisipasi bersaing memperebutkan beberapa posisi lowongan kerja. Adalah Technical Staff, Radioactive Staff. Selanjutnya, HSE Staff, Electrical Staff, Chemical Analyst, Staff Lab (RnD), dan terakhir Staff Lab (HPAL).

Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengatakan, bahwa  sejak awal ketika PT QMB menghubungi pihak kampus untuk menjadikan Unsultra sebagai tuan rumah penyelenggaraan Open Rekrutmen dirinya langsung menyahuti dan mendukung.

Bahkan kata Prof Andi, pihaknya juga sudah menawarkan Momerandum of Understanding (MoU) dengan PT QMB. Tawaran tersebut kata Prof Andi, sudah diproses di Jakarta.

“Kami juga dari Perguruan Tinggi (PT) ketika melakukan revisi kurikulum baru, kita akan melibatkan PT QMB dan perusahaan lain supaya kurikulum kami konek dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia industri,” ujarnya.

Sehingga kedepannya, proses rekrutmen perusahaan tinggal menanyakan kemampuan perguruan tinggi atau skilnya sehingga pelamar hanya melampirkan atau menunjukkan Surat Keterangan Pendamping Ijasah sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.

Peserta atau lulusan perguruan tinggi yang mengikuti Job Fair PT. QMB New Energi Materials di WTC Unsultra. 

Lanjut Prof Andi, Open Rekrutmen oleh PT QMB ini menjadi peluang bagi pencari kerja khususnya alumni Unsultra untuk mendapatkan pekerjaan. Dirinya juga telah berkomunikasi dengan pihak perusahaan agar mendorong pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang salah satu implementasinya melalui Magang sehingga lulusan Unsultra sudah siap pakai.

“Rekrutmen ini baru pertama kali digelar di kampus dan menjadi peluang emas bagi mereka para pencari kerja. Harapan kita, alumni Unsultra bisa mendapatkan pekerjaan sesuai kualifikasi dan kualitas yang dibutuhkan perusahaan dalam hal ini PT QMB,” pungkasnya.

Sebelumnya, Supervisor Human Resources Development (HRD) PT QMB New Energy Materials, Supriyanto mengungkapkan, PT. QMB New Energy Materials memiliki program rekrutmen khusus. Misalnya dalam bidang laboratorium,   sedangkan SDM dengan bidang sejenis agak sulit dicari di Sulteng.

Sehingga kata Supriyanto, pihaknya harus melakukan komunikasi dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)  di Sulawesi Tenggara (Sultra), sebut saja, UHO dan Unsultra.

“Kami memang agak kesulitan mencari SDM disana (Sulteng), karena memang bidang ilmu yang kita cari disana peminatnya sedikit. Makanya dalam hal ini PT QMB menjemput bola datang ke universitasnya langsung,” ungkapnya.

Ia menuturkan, bahwa untuk  kuotanya akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Tetapi kuota tersebut bisa  berubah manakala peminatnya banyak, pihaknya dalam merekrut karyawan masih memprioritaskan universitas yang berada di ring 3 yakni masih berada di area Sulawesi.

Setelah melakukan proses seleksi wawancara (Job Fair) ini, pelamar dimohon untuk menunggu, apabila yang bersangkutan diterima pihak perusahaan akan menginformasikan kepada pelamar untuk mengikuti tahapan selanjutnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *