UPT PK2M Kolaborasi dengan BEM Sukses Gelar Festival Wirausaha UHO 2023

HaluoleoNews.ID, KENDARI,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Pokja Kewirausahaan berkerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sukses menyelenggarakan Festival Wirausaha di kampus hijau itu tahun 2023, di Pelataran Auditorium UHO, Sejak 23- 24 Oktober 2023.

Dimeriahkan oleh, Produk Mahasiswa Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Produk Mahasiswa Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), STAN Fakultas lingkup UHO dan StanDharma Wanita Persatuan (DWP). Turut Dihadiri, diantaranya Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., Ketua DWP UHO, Viska Inda Variani, S.Si., M.Si, dan Kapolda Sultra diwakili Bhabinkamtibmas dan unsur pimpinan lingkup UHO.

Suasana menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc mengapresiasi terselenggaranya Festival Wirausaha UHO 2023 yang diinisiasi oleh UPT PK2M, BEM, dan DWP UHO. Dirinya juga mengucapkan selamat kepada seluruh panitia yang sudah berkerja keras untuk menyukseskan kegiatan. Mengingat Festival Wirausaha UHO 2023 ini baru pertama kali digelar di kampus hijau itu.

Kata Prof Zamrun, giat ini sangat luar biasa karena bisa dan mampu menampilkan semua potensi mahasiswa. Tidak dipungkiri ide- ide dan kreativitas yang dihasilkan oleh mahasiswa itu sangat banyak dan dirinya yakin dari ide dan kreativitas tersebut mampu terealisasi, hanya memang perlu diarahkan oleh para mentor atau pembimbing.

Foto bersama seusai pembukaan Festival Wirausaha UHO 2023 oleh Rektor, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc.

“Makanya untuk pengurus BEM agar banyak- banyak berdiskusi dengan dosen lainnya sehingga mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Masalah itu tidak selamanya mampu diselesaikan sendiri, mesti didiskusikan dengan orang- orang yang mempunyai kapasitas dan pengaruh untuk menyelesaikan masalah tersebut,” ucapnya.

Ia berharap, Festival Wirausaha UHO ini bisa menjadi kegiatan rutin UPT PK2M dan BEM untuk mencari bakat- bakat wirausaha di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra). Mudah- mudahan UHO semakin maju dan kreatifitas mahasiswa semakin berkembang di UHO.

Sementara itu, Kepala UPT PK2M UHO, Dr. Sarinah, S.P., M.Si berharap melalui kegiatan ini dapat mengembangkan wirausaha dari seluruh stakeholder di UHO, baik itu dosen maupun mahasiswa. Untuk itu, giat ini juga akan dilakukan evaluasi dari PMW tersebut.

Rektor UHO (tengah) didampingi WR III dan Ketua BEM UHO.

“Makanya yang kita hadirkan dalam Festival Wirausaha 2023 ini, yakni beberapa mahasiswa yang masih aktif dari PMW. Itu kita evaluasi, apakah produk-produk ini cukup efektif bagi mahasiswa ? karena ada beberapa memang yang kita liat tidak berjalan. Kita ingin dari kebijakan rektor itu kita lihat kembali, supaya wirausaha nya kita itu tetap berkembang,” ujarnya.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kewirausahaan UPT PK2M Amin Tunda, S.Pd., M.A mengucapkan terimakasih kepada peserta dari festival ini, diantaranya mahasiswa penerima bantuan modal atau PMW. Selanjutnya mahasiswa penerima bantuan P2MW serta pihak fakultas, DWP dan BEM serta unit kegiatan mahasiswa yang memeriahkan giat ini.

Selain itu dirinya menginformasikan pada November 2023 mendatang, kampus yang dipimpin Prof Zamrun itu telah meloloskan 4 kelompok usaha yang nantinya mengikuti giat Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo 2023 di Bali. Untuk itu marilah senantiasa memberikan dukungan kepada mereka, apalagi 2 dari 4 kelompok ini lolos dalam KMI Award yang nantinya akan mempresentasikan produknya kepada Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Indonesia.

Pemukulan Gong oleh Rektor UHO pertanda pembukaan Festival Wirausaha UHO 2023.

“Kami juga dari pihak UPT PK2M menyampaikan bahwa dukungan dari universitas serta fakultas sangat penting kepada mahasiswa yang akan pergi ke Bali agar nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan,” pungkasnya.

Ketua BEM UHO, Abdullah Alhayad Arafah berharap, setelah mengikuti kegiatan Festival Wirausaha UHO 2023, semua mahasiswa termotivasi untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri sehingga setelah selesai menempuh pendidikan tinggi di UHO tidak berpikir lagi mau berkerja sebagai apa.

Tetapi sambung Alhayad, sudah berhasil untuk menjadi pencipta lapangan pekerjaan. Dirinya mengucapkan terimakasih dan apresiasi sebesar- besarnya kepada Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc yang selama ini mendukung giat ini.

Artinya ketika para panitia menemui kendala dilapangan dan melakukan komunikasi dengan pimpinan universitas beliau sangat cepat merespon untuk menyelesaikan kendala yang ada. Selain itu, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada UPT PK2M dan para panitia yang selalu setia dan membanggakan.

Saat UPT PK2M dan DWP UHO ikuti pembukaan Festival Wirausaha UHO 2023.

“Alhamdulillah kegiatan Festival Wirausaha UHO 2023 ini dapat terselenggara. Terakhir dari saya, bahwasanya sangat rugi seorang insan akademis yang tidak bisa menghasilkan sebuah karya menjadi seorang insan pencipta. Dan sungguh sombong seorang insan pencipta yang tidak dapat pulang ke masyarakat bermanfaat untuk masyarakat menjadi seorang insan pengabdi yang bertanggung jawab untuk mewujudkan masyarakat adil makmur,” pungkasnya.

Diketahui, sebelum pembukaan Festival Wirausaha UHO 2023 pihak penyelenggara menampilkan penari yang membawakan Tari Zamrud Khatulistiwa dihadapan pimpinan universitas dan fakultas serta peserta kegiatan. Adapun STAN yang berkontribusi dalam Festival Wirausaha UHO 2023, yakni Grab, BEM UHO, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran, UKM Search And Rescue (SAR), Unit Kegiatan Kerohanian (UKKI), UKM Resimen, UKM Pramuka.

Tari Zamrud Khatulistiwa.

Selanjutnya DWP, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kelapa Muda Indonesia, UPT PK2M, Fakultas Peternakan (FPt), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Pertanian (FP). (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *