Wadahi Alumni UHO Cari Kerja, PK2M Bersama PT QMB New Energy Materials Gelar Job Fair 3

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Dalam rangka mewadahi kepentingan alumni untuk mencari pekerjaan. Unit Pelaksana Teknik (UPT) Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Universitas Halu Oleo (UHO) berkerjasama dengan PT. QMB New Energy Materials menggelar Job Fair 3, di Aula Fakultas Pertanian (FP) UHO, Selasa (28/11/2023).

Alumni UHO terlihat sangat antusias mengikuti Job Fair tersebut, tercatat lebih dari 200 alumni mengikuti Open Rekrutmen. PT. QMB New Energy Materials, sebuah perusahaan yang berlokasi di Kab. Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Supervisor Human Resources Development (HRD) PT. QMB New Energy Materials, Supriyanto mengatakan, bahwa PT. QMB New Energy Materials memiliki program rekrutmen khusus. Salah satunya merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dibidang laboratorium,   sedangkan SDM bidang sejenis agak sulit dicari di Sulteng.

Sehingga kata Supriyanto, pihaknya harus melakukan komunikasi dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)  di Sulawesi Tenggara (Sultra), salah satunya langsung datang di UHO.

“Kami memang agak kesulitan mencari SDM disana (Sulteng), karena memang bidang ilmu yang kita cari disana peminatnya sedikit. Makanya dalam hal ini PT QMB menjemput bola datang ke universitasnya langsung,” ujarnya seusai menjelaskan profile PT. QMB New Energy Materials dihadapan ratusan alumni lingkup UHO.

Salah satu alumni UHO sedang mengikuti sesi wawancara dengan pihak PT. QMB New Energy Materials.

Ia menuturkan, rekrutmen alumni UHO ini kuotanya akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Tetapi kuota tersebut bisa berubah manakala peminatnya banyak. PT QMB sendiri merupakan perusahaan yang sedang berkembang yang membutuhkan karyawan hampir 6 ribu.

Sedangkan karyawan yang terpenuhi sekarang, beber dia, baru sekitar 2 ribu karyawan. Sehingga, masih kurang 4 ribu karyawan yang dibutuhkan.

Lanjutnya, pihaknya sendiri dalam merekrut karyawan masih memprioritaskan  universitas yang masih berada di ring 3, yakni masih berada di sulawesi.

“Saat ini ada 2 universitas yang kita masuki di Sulawesi Tenggara (Sultra), salah satunya Universitas Halu Oleo (UHO),” ucapnya.

Lanjutnya, setelah melakukan proses seleksi wawancara (Job Fair) ini, pelamar dimohon untuk menunggu, apabila yang bersangkutan diterima pihak perusahaan akan menginformasikan kepada pelamar untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Ketua UPT PK2M UHO, Dr. Sarinah, S.P., M.Si mengungkapkan, terselenggaranya Open Rekrutmen ini memang pengajuannya lewat PK2M. Sebenarnya giat PK2M saat ini sudah selesai semuanya, tetapi karena pertimbangan kepentingan alumni untuk mencari kerja pihaknya kembali membuka Job Fair 3.

Dr. Sarinah, S.P., M.Si

“Jadi UPT PK2M itu bertugas memfasilitasi alumni UHO mendapatkan kerja salah satunya melalui Job Fair. Tadi PT. QMB New Energy Materials juga cukup senang dengan antusiasnya alumni mengikuti seleksi, dimana pendaftar itu lebih dari 200 orang,” ungkapnya.

Lanjut Sarinah, kalau melihat kemampuan alumni UHO saat mengikuti Job Fair sebelumnya. Sebenarnya para alumni ini tidak kalah dengan kampus- kampus besar lainnya, karena bisa dilihat dari cara mereka publik speaking yang didapatkan dari pelatihan- pelatihan yang sudah dilakukan PK2M.

Diketahui, adapun posisi Lowongan kerja yang dibuka PT. QMB New Energy Materials, adalah Technical Staff, Radioactive Staff, Instructur Staff; Health, Security, and Environment (HSE) Staff; Electrical Staff; Chemical Analyst; Staf Laboratorium (Research and Development atau RnD); dan terakhir Staff Laboratorium (High Pressure Acid Leaching atau HPAL). (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *