Wadahi Pencari Kerja, Pemprov Sultra Sinergi dengan Perusahaan Gelar Sultra Job Fair 2023

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) berkerjasama dengan perusahaan ternama menggelar Sultra Job Fair 2023.

Tercatat, ada puluhan perusahaan yang membuka Lowongan Kerja (Loker) kepada pencari kerja, diantaranya PT DSSP Power Kendari, Vale, Ceria Metalindo Prima, Huabao, BTPN Syariah, Adira.

Selanjutnya, Claro Kendari, Indomaret, FIF Group, Beauty, Alfamidi, PT. ACM, Casurin 1968, Bina Artha, PT Bukit Makmur Resources, Kawan Lama Group.

Sultra Job Fair 2023 digelar di Atrium Lippo Plaza Kendari, sejak 29 November sampai 1 Desember 2023, Pukul 10.00 sampai 17.00 Wita.

Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan, ada sekitar 13.466 perusahaan di Sultra. Namun yang membuka lowongan saat ini 25 perusahaan.

Ia menuturkan, setiap perusahaan yang mengikuti Sultra Job Fair 2023, Sebut Andap, wajib melaporkan kondisi perusahaannya.

“Saat ini ada 3.125 perusahaan di Sultra yang aktif,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sultra Job Fair dilaksanakan 2 kali selama setahun. Kedepan dirubah, apakah 3 bulan atau 6 bulan sekali bila perlu setiap bulan.

“Kalau kita memiliki komitmen moral dan rasa tanggungjawab untuk menuntaskan pengangguran. Insya Allah tidak akan ada kendala dalam melaksanakan pameran bursa kerja,” ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) SultraLa Ode Muhammad Ali Haswandy mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan Sultra Job Fair 2023 ini berdasarkan undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Sehingga, ini juga untuk memfasilitasi perusahaan dalam mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan,  Serta upaya pemerintah untuk mengurangi pengangguran di Sultra.

“Kegiatan Job Fair ini untuk memberikan ruang kepada pihak perusahaan untuk menemukan pencari kerja yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan,” pungkasnya.

Diketahui, dari pantauan Media Online haluoleonews.id, Sultra Job Fair 2023 ini diikuti ratusan pendaftar yang ingin memasuki dunia kerja yang ada di wilayah Sulawesi tenggara (Sultra)  bahkan di luar Sultra.

 

Reporter: La Ode Hamid

Editor     : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *