Wakamad Humas dan Sarpras Man IC Kota Kendari Hadiri Rakor MAN IC se Indonesia 2023

Pendidikan1506 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Hubungan Masyarakat dan Sarana Prasarana (Sapras) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari mengikuti kegiatan Rapar Koordinasi (Rakor) MAN IC Se Indonesia, di MAN IC Padang Pariaman, sejak 24- 26 Juni 2023.

Raker tersebut  dibuka secara langsung Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha (TU) KSKK Madrasah Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Republik Indonesia (RI), Arif Rahman S.TH.I., M.Pd. Turut diikuti diantaranya 22 Wakamad Bidang Humas dan 23 Wakamad Bidang Sapras.

Selanjutnya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Kepala Seksi (Kasi) GTK, Dr John, Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN IC Indonesia, Dr. H. Abdul Basit, S.Ag., MM, Kepala MAN IC OKI, MAN IC Palu, MAN IC Bangka Tengah, MAN IC Pekalongan, MAN IC Gowa, dan Kepala MAN IC Kota Kendari.

Ketua Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN IC Indonesia, H. Abdul Basit menyampaikan, bahwa Rakor terutama di Bidang Humas ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan dengan salah satu tujuan utamanya adalah terbentuknya struktur organisasi forum Humas MAN IC Se-Indonesia.

“Sehingga dapat menghasilkan program kerja yang lebih terstruktur dan terukur yang dapat dituangkan melalui Petunjuk Teknis (Juknis) penyelengaraan kegiatan kehumasan, khususnya di lingkup MAN IC Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubag TU KSKK Madrasah Ditjen Pendis Kemenag RI, Arif Rahman  mengapresiasi yang tinggi atas terselenggaranya rapat koordinasi Wakamad Bidang Humas dan Sarana Prasarana MAN IC se- Indonesia tersebut.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan program kerja khususnya di bidang Humas dan Sapras yang lebih baik lagi. Hasil dari Rakor ini terbentuknya Struktur Organisasi Forum Humas MAN IC Se- Indonesia.

Berdasarkan kesepakatan dari rapat koordinasi ini adalah bahwa Humas MAN IC harus menjadi inisiator terbentuknya PPID di tempat tugasnya masing-masing dengan salah satu rekomendasi dari kegiatan Humas MAN IC se- Indonesia yaitu terjadinya peningkatan kapasitas PPID MAN IC yang bekerjasama dengan Komisi Informasi pada masing-masing provinsi.

Selain itu, Humas MAN IC juga akan melibatkan OSIM dalam mengisi konten media sosial officialMAN Insan Cendekia. Humas MAN IC harus berupaya memaksimalkan pemberitaan melalui websiteminimal 1-5 berita perhari dengan mencari “titik aneh” atau angleuntuk framingberita sehingga menghasilkan konten yang lebih menarik untuk dibaca oleh publik.

Oleh Karen itu, kerja Humas ini tentu perlu didukung oleh sarana dan prasana untuk produksi seperti alat untuk mengolah informasi, podcast, video, photo profesional, dan lain-lain.

Semua warga madrasah juga harus dilibatkan demi suksesnya kegiatan bidang humas. Contoh, di media sosial Instagram, semua civitas diminta menggunakan tagar yang sama di captionsetiap kali uploaddi medsosnya masing-masing.

Semua warga madrasah wajib mem-follow, like, dan shareakun medsos officialmadrasah. Dengan ini diharapkan Humas MAN Insan Cendekia se- Indonesia akan lebih baik ke depannya.

Diketahui, Melalui pertemuan tersebut, Wakamad Bidang Humas MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, Syahlul Munal terpilih sebagai ketua, sedangkan wakilnya adalah Dian Fitri Nurmalasari dari MAN Insan Cendekia Gowa, sementara bendahara terpilih adalah Tino Wahyu Herdianto dari MAN Insan Cendekia Paser. (Rilis)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *