Didominasi Pantai Berpasir, Ini Pesona Memukau Pantai Bhakealu  di Wakorumba Selatan

Wisata250 Dilihat

HaluoleoNews.ID, RAHA- Pesona yang memukau Pantai Bhakealu yang terletak di Kab. Muna, Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra) yang memiliki keunikan yang sangat menarik.

Tepatnya terletak di selat Buton jazirah tenggara pulau Sulawesi, salah satu desa yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Wakorumba Selatan Kab.Muna.

Pulau Bhakealu adalah salah satu pulau karang dengan bentuk morfologi didominasi oleh pantai berpasir dengan topografi yang landai pada ketinggian 0-16 meter diatas permukaan laut.

Luas pulau ini sekitar 0,12 kilometer persegi dengan panjang garis pantai sekitar 1,8 kilometer.  Secara historis dinamakan pulau Bhakealu karena konon di pulau ini ditemukan ada 8 pohon beringin yang tumbuh di sisi sebelah barat-barat daya.

Kondisi sosial ekonomi serta budaya masyarakat di pulau Bhakealu seperti pada umumnya di beberapa pulau-pulau kecil di Kab. Muna. Masyarakat pulau Bhakealu adalah didominasi suku Muna dengan mata pencaharian sebagai nelayan.

Kultur budayanya seperti masyarakat muna pada umumnya dengan bahasa yang di gunakan sehari-hari adalah bahasa Muna.

Berdasarkan karakteristik alam tersebut, maka pulau Bhakealu memiliki keunikan yang sangat menarik untuk menjadi tempat menikmati keindahan alam. Di pulau ini bisa menikmati sunrise yang datang di pagi hari.

Kemudian dapat menikmati senja dikala sore tiba, dan saat malam akan menikmati hembusan angin dan suara-suara gemercik ombak yang terhenti di garis pantai dengan irama aturan alam. Suasana alam yang sangat di rindukan oleh traveler (wisatawan).

Saat ini, pulau Bhakealu telah menjadi ikon baru bagi masyarakat khususnya di wilayah muna timur sebagai destinasi wisata pantai. Letaknya yang sangat strategis menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat untuk menjadi tempat piknik dan rekreasi keluarga.

Dari sisi aksesbilitas sangat dekat dari Pure Ibu Kota Kecamatan Wakorumba selatan menyebrang kurang lebih 10-15 menit. Dari kota Raha kira2 dapat ditempuh kurang lebih 1 jam 20 menit menggunakan kapal motor jonson.

Beberapa lokasi strategis untuk menyebrang ke pulau Bhakealu dari wilayah Muna Timur bisa melalui Pure dan Pola atau juga langsung dari tempat asal disepanjang pesisir Muna Timur dengan menggunakan jonson.

Sedangkan akses dari daratan Muna bisa melalui pelabuhan Raha dan paling dekat dari pantai Meleura.

Berdasarkan kondisi eksisting sarana wisata mulai di bangun oleh pemerintah desa setempat terlihat sudah adanya infrastruktur dermaga/pelabuhan, gazebo-gazebo dan tempat istrahat pengunjung.

Yang paling menarik menjadi spot foto adalah namanya “Bhakealu Island” yang biasa di singkat “Bali”  terlihat dari story maupun status-status di sosmed para pengunjung. Namun, dalam pantauan di beberapa sosmed, belum menemukan foto pengunjung di bagian “Pohon Beringin” yang konon ada 8 yang tumbuh di pulau Bhakealu.

Ini juga sangat menarik dari sisi historis dan culture, kalau masih ada sangat perlu diperhatikan dan dijaga karena menjadi bagian dari destinasi wisata yang ada di pulau Bhakealu sehingga keberadaan wisata di pulau ini sesuai dengan karakter lokasi wisata mencangkup aspek ekologi, aspek sosial budaya dan aspek ekonomi dan tentunya dalam pengembangannya banyak edukasi dan kesan yang didapatkan masyarakat.

 

Reporter: Nuryuyun sagita putri

Editor     : La Ode Hamid

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *