DPPPA Kendari Laksanakan Literasi Digital Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Kendari melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan Berbasis Gender Online (KBGO), di Ruang Samaturu Balai Kota Kendari, Kamis (21/9/2023).

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari dan Kanit PPA Polresta Kendari.

Kepala DPPPA Kendari, Siti Ganef menyampaikan, kekerasan pada perempuan dan anak memiliki dampak psikologis yang buruk seperti trauma, reaksi fisik, keinginan bunuh diri, dan berbagai reaksi negatif lainnya. Untuk memulihkan korban kekerasan tersebut, perlu butuh waktu lama.

Kekerasan terhadap perempuan ini juga baik secara verbal, seksual, maupun fisik penyembuhannya tak semudah luka akibat cedera fisik, tapi kehidupan psikologisnya juga menjadi taruhan.

“Dapat berakibat menyebabkan kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, psikologis atau seksual. Kekerasan terhadap perempuan merupakan bentuk pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) yang harus diakhiri oleh semua orang yang mewujudkan kesetaraan gender,” kata dia.

Kasus KBGO mengalami tren akibat kesenjangan pengguna internet laki-laki dan perempuan. Hal itu seringkali menempatkan perempuan sebagai pihak yang gampang ditipu daya dan ditekan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Terlebih, sulitnya mengidentifikasi identitas pelaku KBGO di dunia digital, jejak digital korban yang sudah tersebar di internet dan sulit dihapuskan juga menjadi permasalahan yang seringkali menjadi tantangan.

“Salah satu bentuk kekerasan terhadap perempuan adalah kekerasan berbasis gender online yang menempatkan perempuan sebagai korban, melalui sarana internet dengan cara bertransmisi atau mendistribusikan data digital diri korban. Akibatnya tersebarnya data diri korban yang menyebabkan kerugian psikologis sosial dan keterasingan sosial,” jelasnya.

Sehingga menjadi penting adanya literasi digital bagi perempuan sebagai upaya pencegahan kekerasan berbasis gender online (KBGO). (red) 

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *