DWP IAIN Kendari Sosialisasikan Kesehatan Anak Bersama Dokter Asal Amerika Serikat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar sosialisasi kesehatan anak dengan menghadirkan Dr. Macelo Gareca M.D, FACP, FIDSA dari Guthrie Clinic Cortland, New York, Amerika Serikat.

Ketua DWP IAIN Kendari Satmawati Husain Insawan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja DWP dalam rangka menegaskan peran serta anggotanya dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan keluarga besar IAIN Kendari.

Senada dengan itu, Wakil Rektor II IAIN Kendari, Dr. Nurdin, M.Pd saat membuka kegiatan mengungkapkan, DWP mesti banyak menggali informasi terkait dengan pentingnya pemahaman kesehatan anak.

“Kegiatan ini sangat tepat untuk menunjukkan eksistensi DWP secara kelembagaan dan peranannya dalam mengatasi masalah sosial di lingkup IAIN Kendari,” ucap dia.

Sementara itu dalam materinya, Dr. Marcelo menyampaikan bahwa salah satu masalah kesehatan anak yang mengintai keluarga di Indonesia adalah stunting. Penyebab yang paling utama buruknya pola makan.

Kedua adalah buruknya kebersihan sanitasi, ketiga yakni kemiskinan dan yang terakhir adalah nutrisi dari seorang ibu ketika mengandung atau tidak memberikan ASI ekslusif pada anak.

“Secara umum garis kemiskinan menjadi faktor utama terjadinya stunting karena tidak mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan saat kehamilan ataupun saat anak memasuki usia pertumbuhan,” katanya.

Lanjut Dr. Marcelo menjelaskan pencegahan stunting terbaik sebaiknya dilakukan pada masa awal kehamilan. Orang tua disarankan untuk mulai menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat sedini mungkin.

Dari awal masa kehamilan, pencegahan stunting dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan zat besi dan asam folat untuk ibu.

“Zat besi penting sebagai pencegah anemia yang menimbulkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Ibu bisa mendapatkan asupan zat besi dari kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian,” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *