FKM UHO Gandeng Dua Perguruan Tinggi dari Jepang Mengadakan PKM Kolaboratif Internasional

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Halu Oleo (UHO) telah berhasil menjalin kerja sama Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kolaboratif internasional dengan dua universitas Jepang.

Adalah, Niigata University of Health and Welfare dan Kanazawa University, dalam sebuah proyek pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk melaksanakan dua program pengabdian masyarakat inovatif di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Bokori, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Masing-masing fokus pada pendidikan kesehatan dan pemilihan makanan yang sehat dan bergizi. Kegiatan yang dilaksanakan pada 9 September 2023, ini menjadi sebuah inisiatif yang sangat berarti dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di wilayah tersebut, serta memperkuat hubungan antara institusi pendidikan kedua negara.

Ucapan Terimakasih dan Penyerahan Cenderamata oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKM UHO DR. Jafriati, S.Si., M.Si didampingi Wakil Dekan Bidang Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Asnia Zainuddin, M.Kes, pada Jumat 8 September 2023.

Program Pengabdian Masyarakat Pertama: Edukasi Kesehatan dalam Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Program pertama ini mengedukasi siswa SD 02 Bokori tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Tim kolaborasi dari FKM UHO, dan Niigata University of Health and Welfare memberikan informasi dan pelatihan kepada siswa tentang cara mencuci tangan dengan benar, menjaga kebersihan diri, dan menjalani gaya hidup sehat.

Selain itu, program ini juga akan memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Foto bersama dengan Kepala Sekolah, guru, dan siswa-siswi SDN 02 Bokori Kab. Konawe.

Program Pengabdian Masyarakat Kedua: Edukasi Kesehatan dalam Meningkatkan Pemilihan Makanan Jajanan yang Sehat dan Bergizi

Program kedua fokus pada peningkatan pemilihan makanan jajanan yang sehat dan bergizi di kalangan siswa. Tim kolaborasi dari FKM UHO dan kanazawa University memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya makanan bergizi dan dampaknya terhadap kesehatan. Mereka juga akan memberikan panduan dalam memilih makanan jajanan yang sehat di sekolah maupun di luar sekolah.

Dalam pernyataannya, Dekan FKM UHO, Dr. Suhadi, S.KM, M.Kes mengatakan, bahwa pihaknya sangat bangga dengan kolaborasi ini, yang akan memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan di SDN 02 Bokori.

Foto bersama dengan siswa-siswi kelas 5 dan 6 SDN 02 Bokori Kab. Konawe.

“Saya berharap, program ini akan membantu siswa untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan memilih makanan yang lebih baik, yang akan berdampak positif pada masa depan mereka,” ujarnya.

Apalagi sambung dia, Kepala SDN 02 Bokori, Iskandar, S.Pd. menyambut baik kegiatan ini. Kolaborasi internasional ini juga akan memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara Indonesia dan Jepang dalam bidang pendidikan kesehatan.

Materi yang dibawakan oleh Ruko Saito, RN., PHN., Ph.D dari Kanazawa University Jepang.

“Program ini diharapkan akan menjadi contoh nyata dari bagaimana kerja sama internasional dapat memajukan pendidikan kesehatan dan pemilihan makanan yang sehat di komunitas local,” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *