HMJ Pendidikan Biologi FKIP UHO Gelar Biology Season Part XI Se Indonesia

#Bertajuk Mesofil

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Sebagai upaya meningkatkan minat dan bakat serta kesenian, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO)  menggelar Biology Season Part XI Se Indonesia, di Sport Center UHO, sejak 17- 22 Juli 2023.

Lomba dan kesenian tersebut bertajuk “Membangun Generasi yang Inovatif, Berprestasi dan Unggul atau Mesofil”. Kegiatan itu diperuntukan untuk jenjang Perguruan Tinggi (PT), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat.

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Biologi FKIP UHO, Arzal Oryza Rustika mengatakan, bahwa kegiatan Biology Season Part XI Se Indonesia ini dapat Mengembangkan minat dalam mempelajari ilmu biologi, serta mewujudkan jiwa sportifitas di kalangan siswa dan mahasiswa.

Selain itu, dapat meningkatkan kretivitas para guru dalam membuat metode pembelajaran yang inovatif dan mendorong kemampuan kreatifitas para pserta dalam melahirkan budaya teknologi sains biologi yang bermanfaat.

“Jadi Biology season part XI  se-Indonesia  ini menampilkan berbagai item lomba baik tingkat nasional yang diperuntukan kepada mahasiswa dan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diperuntukan kepada siswa jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA),” ujarnya kepada media ini.

Untuk item lomba mahasiswa dalam , mulai Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Microteaching, dan Media. Sedangkan untuk item lomba tingkat SMA atau MA sebut dia, lomba Sejuta Kreasi (Sekresi), LKTI, dan Publikasi Ilmiah.

Ia berharap, semoga  Biology Season Part XI ini dapat dikenal lebih meluas di Indonesia agar jumlah peserta yang mengikuti cabang lomba lebih banyak lagi dari  universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Taufik Hidayat mengucapkan terimakasih kepada Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO, Lili Darlian, S.Si., M.Si dan Wakil Dekan (WD) III, Dr. Edy Karno, S.Pd., M.Pd; dan pengurus HMJ Biologi serta para panitia yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini.

Ia menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk membangun dan menciptakan  generasi muda yang inovatif, berprestasi dan unggul baik ditingkat provinsi maupun nasional. Serta sambung dia, sebagai ajang mempromosikan Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO kepada siswa untuk melanjutkan pendidikan tingginya.

Mengingat beber dia, jurusan tersebut sudah mengantongi akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Saya berharap, output dan luaran dari kegiatan ini dapat menambah bibit- bibit generasi muda yang unggul dibidang akademik serta menambah skill atau kemampuan dari para mahasiswa dan siswa,” pungkasnya.

Diketahui, Selain digelar di Sport Center, kegiatan ini juga dilaksanakan di Aula FKIP UHO, dan Gedung Pengembangan Pendidikan Biologi FKIP UHO. Sedangkan Riword yang diberikan kepada para juara dijenjang PT berupa uang pembinaan, Sertifikat Digital (E-Certificate), dan medali. Sedangkan tingkat siswa jenjang SMP dan SMA/MA berupa uang pembinaan, Certificate dan piala.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *