IAIN Kendari Pamerkan Inovasi Biopestisida Berbahan Baku Ubi Hutan di Aicis Expo 2023

Pendidikan1393 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari memamerkan sejumlah karya inovasi mahasiswa pada kegiatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) EXPO di Surabaya, Jawa Timur yang berlangsung pada 2-5 Mei 2023.

Salah satu karya inovasi yang ikut dipamerkan adalah Biopestisida berbahan baku tumbuhan endemik daratan Sulawesi Tenggara, ubi hutan Uwikoro. Biopestiosida ini dapat dimanfaatkan untuk mengusir berbagai jenis serangga pada tanaman pertanian dan perkebunan jangka pendek maupun jangka Panjang.

“Distingsi dari inovasi ini adalah pada proses pembuatannya menggunakan metode hydrothermal. Metode ini merupakan metode ramah lingkungan untuk menghasilkan bahan berukuran nanopartikel,” kata Zul Arham, dosen pembimbing mahasiswa Tadris IPA yang mengembangkan produk berbahan alami tersebut.

Selain produk Biopestisida, karya mahasiswa lainnya yang dipamerkan pada kegiatan tahunan ini antara lain Biobriket multiguna berbahan limbah nilam dan nano handsanitizer berbahan baku daun sirih. Kedua produk ini masih dikembangkan untuk dapat diproduksi secara massal agar bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

Karya-karya ilmiah dosen berupa buku dan jurnal ilmiah yang merupakan hasil-hasil penelitian pada tiga tahun terakhir juga menjadi produk pameran yang ditargetkan mengekspose kegiatan dan pencapaian tri dharma perguruan tinggi.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd mengatakan, keikutsertaan IAIN Kendari ini diharapkan memperluas branding IAIN Kendari di kalangan PTKIN maupun para akademisi secara umum.

“Kita perlu memperkenalkan pencapaian yang telah kita raih sejauh ini dalam rangka memperkuat potitioning IAIN Kendari di lingkungan PTKIN. Pameran ini menjadi sarana untuk mempublikasikan upaya dan kerja cerdas yang dilakukan secara konsisten,” tambahnya.

AICIS Expo merupakan salah satu rangkaian perhelatan AICIS yang dihadiri para peneliti dan akademisi dari seluruh PTKIN se Indonesia maupun mancanegara. AICIS dibuka oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dengan tema sentra Recontextualizing Fiqh for Equal Humanity and Sustainable Peace.

Pembukaan yang berlangsung di Gedung Sport Center UIN Sunan Ampel Surabaya ini dihadiri oleh Rektor, Wakil I Dr. Husain Insawan, M.Ag, Wakil Rektor II Prof. Dr. Batmang, M.Pd, Ketua Senat Prof. Dr. Zulkifli Mustan, M.Pd dan Ketua SPI Aliwar, M.Pd. Kehadiran Rektor dan Wakil Rektor I pada konferensi internasional ini juga untuk menjalankan tugas sebagai pembahas pada parallel session yang diagendakan tanggal 4 Mei 2023.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *