Ini! Ciri- Ciri Terkena DBD, Dinkes Kendari Anjurkan Masyarakat Jaga Pola Hidup Bersih

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Ellfi menyampaikan ciri- ciri orang yang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD).

Menurutnya, orang yang terkena DBD mempunyai ciri- ciri, diantaranya demam yang berkepanjangan, demam yang disertai nyeri bagian kepala, terdapat bintik-bintik merah di kulit, serta sering mual dan muntah saat sakit demam.

“Makanya kita imbau kepada seluruh masyarakat yang memang terdapat gejala-gejala DBD dan sudah diberikan obat penurun panas yang sering dikonsumsi sehari-hari namun tidak ada perubahan signifikan, agar segera mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan setempat atau rujukan,” ujarnya, Kamis (18/1/2024).

Kabid P2P juga mengingatkan, kepada masyarakat agar tetap menjaga pola hidup bersih, hindari genangan air di dalam maupun di luar sekitar rumah, dan hindari gantungan pakaian karena seringkali menjadi tempat sarang nyamuk.

Diketahui, Dinkes Kendari mencatat hingga 16 Januari 2024 angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kendari mencapai 261 Kasus.

Dari jumlah tersebut, 58 orang masih dalam perawatan medis yang tersebar di sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit di Kendari. Dari total 261 kasus DBD tersebut, 203 orang dinyatakan sembuh dan 1 meninggal dunia. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *