Kepala Kemenag Ajak Pengurus IPNU Sultra Bersama Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), H Muhamad Saleh menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada pelantikan Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nadhatul Ulama (PW IPNU) Sultra Masa Khidmat 2022- 2025, di Aula Hotel Plaza Kubra Kendari, Minggu (18/06/2023) malam.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil Gubernur Sultra diwakili oleh Staf Khusus, H Abu Baeda, Ketua PW NU Prov. Sultra, KH.Muslim bersama pengurus dan anggota, Rektor IAIN Kendari, Husain Insawan, Ketua Himpunan Pengusaha Nadliyin, Armal Waketum PP IPNU,  para pengurus lembaga dan badan otonom PW NU Sultra, para pimpinan cabang IPNU Sultra, para pimpinan Wilayah IPPNU Sultra, para pejabat lingkup Kanwil Kemenag Sultra serta segenap tamu undangan. 

Kakanwil Kemenag Sultra, H Muhamad Saleh mengatakan PW IPNU Sultra  memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepemimpinan generasi muda, karenanya pelantikan ini merupakan bukti nyata komitmen dan kesungguhan  dalam menjalankan amanah dalam membawa perubahan positif bagi bangsa dan agama. 

Menurutnya, sebagai organisasi pelajar yang berbasis Islam, organisasi ini bertujuan untuk mewujudkan pemahaman yang baik terhadap ajaran Islam dalam memenuhi kehidupan sehari-hari. 

“IPNU harus berkomitmen untuk mengamalkan prinsip-prinsip Islam dalam hal keadilan, kasih sayang, kerja keras, kesederhanaan, dan kepedulian sosial. Dalam konteks ini bahwa IPNU adalah wadah pembentukan generasi muda yang memiliki integritas moral dan keimanan yang kuat,” ungkapnya. 

Sekretaris PWNU Sultra ini menilai bahwa IPNU sebagai bagian dari Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia, juga memiliki peran penting guna memperkuat dan memelihara Kebhinekaan serta menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Olehnya itu, IPNU memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melanjutkan misi ini. 

“Berkomitmen untuk memperkokoh toleransi antar umat beragama menjunjung tinggi keadilan sosial serta berkontribusi dalam pembangunan sosial dan pendidikan di Indonesia,” pesannya. 

Tidak hanya pada bidang agama, Kakanwil menyebut IPNU adalah agen perubahan yang berfokus pada pendidikan dan pemberdayaan generasi muda, dimana pengurus dan anggota IPNU harus mencetak generasi penerus yang memiliki kualitas akademik yang baik. 

“Kepemimpinan yang tangguh serta moral dan etika yang kuat melalui kegiatan-kegiatan seminar,pelatihan, dan program pengembangan diri, IPNU dituntut untuk membekali anggotanya dengan pengetahuan dan keterampilan yang berkontribusi dalam pembangunan bangsa,”imbuhnya. 

Selain itu, kata Kakanwil organisasi ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara pelajar dan masyarakat dengan mendorong setiap anggotanya untuk aktif dalam kegiatan sosial dalam pengabdian kepada masyarakat, bakti sosial, dan program-program kemanusiaan. 

“Mari kita bersama-sama menjadikan IPNU Wilayah sebagai sarana yang mampu memberikan manfaat dan pengaruh positif dalam kehidupan kita sehari-hari mari kita saling mendukung bekerja sama dan terus berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita Luhur ini,” pesannya. 

Adapun pengurus PW IPNU masa khidmat 2022- 2025 yang dilantik tersebut adalah Ketua PW IPNU Sultra yaitu Muhamad Febriansyah Luhulima bersama wakilnya, Sekretaris yaitu Muhamad Iqbal Saleh bersama wakilnya, Berdahara yaitu Efendy bersama wakil, serta para pimpinan Departemen dan Lembaga di PW IPNU Sultra. (rls)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *