Lima Mahasiswa PSPPA UHO Lakukan Edukasi Masyarakat Pesisir Cegah Stunting dengan Manfaatkan SDA Pesisir di Desa Soropia

HaluoleoNews.ID, UNAAHA- Lima mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Angkatan-9 Universitas Halu-Oleo (UHO) menggelar Sosialisasi Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) pesisir untuk pencegahan stunting. Bertempat di Balai Desa Soropia, Kec. Soropia, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Jumatb(19/5/2023).

Adalah, Muhamad Luthfid Anando Aly Roza, S.Farm; Arsyalda Fadillah Rajab, S.Farm; Syarah Annisa M., S.Farm; Wina Sofiana, S.Farm; dan Nur Muminat Alimin, S.Farm. Dibawah bimbingan dosen, Dr. irnawati S.Farm., M.Sc., Mesi Leorita, S.Farm., M.Sc, Apt. dan Apt. Irvan Anwar, S.Farm., M.Si.

Saat ditemui awak media, Perwakilan mahasiswa PSPPA angkatan- 9 UHO yang melakukan sosialisasi di Balai Desa Soropia, Luthfid Anando Aly Roza, S.Farm mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pesisir bagaimana pentingnya pencegahan stunting dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar.

Suasana foto bersama seusai pelaksanaan sosialisasi SDA pesisir untuk pencegahan stunting bagi masyarakat pesisir di Desa Soropia.

Selain itu, Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendukung Peningkatan Kesehatan (Promotif) dan Pencegahan Penyakit (Preventif) pada ibu hamil dan anak pada masyarakat di Desa Soropia Kec. Soropia Kab. Konawe.

“Pengabdian ini merupakan kontribusi dari mahasiswa apoteker di masyarakat. Tentunya ini penting melihat daerah pesisir merupakan daerah dengan angka stunting terbanyak di indonesia dan Desa Soropia salah satunya,” ujarnya yang juga sebagai mantan Presiden Mahasiswa UHO 2022, Minggu (21/5/2023).

Ia berharap, dengan sosialisasi kesehatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting untuk masa depan indonesia. Sumber daya sekitar daerah pesisir yang bisa di manfaatkan untuk pencegahan stunting, yaitu konsumsi ikan dan kerang hijau untuk nutrisi dan gizi ibu hamil serta anaknya.

Pemberian cenderamata oleh lima mahasiswa PSPPA angkatan- 9 UHO kepada Kepala Desa Soropia, Kaharudin Rahim seusai pelaksanaan sosialisasi.

Penelitian juga telah menyebutkan bahwa ikan dan kerang hijau memiliki kandungan asam folat, vitamin D, protein dan lainnya yang dapat memenuhi nutrisi ibu hamil sehingga stunting dapat dicegah.

“Masyarakat pesisir saat ini seharusnya sadar bahwa di sekitar mereka banyak sumber nutrisi untuk mencegah stunting. Salah satunya ikan ini dapat membantu mencegah stunting, selain lebih murah tentunya lebih mudah di dapatkan untuk masyarakat pesisir” Tutup luthfid.

Diketahui, mahasiswa PSPPA angkatan-9 di kampus hijau itu berjumlah 80 orang yang melakukan pengabdian diberbagai tempat tersebar di 2 kabupaten atau kota, adalah Kab. Konawe dan Kota Kendari. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *