Lolos Seleksi Jalur UM-PTKIN IAIN Kendari?

Segera Lakukan Ini!

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Panitia Pelaksana Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) telah mengumumkan hasil Seleksi Sistem Elektronik (SSE) melalui laman resmi https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/, pada Jumat (23/6/2023).

Rektor IAIN Kendari yang juga menjadi Ketua Panitia Lokasi (Panlok) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag mengatakan, bahwa peserta yang dinyatakan lolos seleksi sebanyak 735 orang dari 2.107 pendaftar yang telah mengikuti ujian SSE pada 29 – 31 Mei dan 5 Juni 2023 lalu.  

“Kami ucapkan selamat bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada seleksi UM-PTKIN tahun ini. Kelulusan ini murni hasil usaha dari para calon Maba sebab penilaiannya dilakukan berbasis komputer. Sedangkan bagi yang belum lulus kami masih memberikan kesempatan untuk mendaftar melalui jalur Mandiri Lokal pada laman https://sia.iainkendari.ac.id,” ujarnya.

Rasio kelulusan peserta dibandingkan dengan jumlah pendaftar hanya mencapai 40%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keketatan seleksi mahasiswa baru di IAIN Kendari semakin tinggi. Husain berharap, fakta tersebut akan berdampak positif pada kualitas input mahasiswa 2023. 

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Kendari, Amin Nasir, M.Pd menjelaskan, detail informasi tahapan registrasi ulang bagi peserta UM-PTKIN yang telah lulus serta persyaratan untuk yang harus dipenuhi untuk mendapatkan status sebagai mahasiswa IAIN Kendari.

“Tahapan registrasi ulang ini sudah kami cantumkan Pengumuman Nomor  0351/In.23/06/2023 tentang Registrasi Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN tahun 2023.  Proses pendaftaran ulang dilaksanakan secara online mulai 23 Juni hingga 3 Juli 2023,” tuturnya.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon mahasiswa baru IAIN Kendari jalur UM-PTKIN 

1. Kelulusan dicek melalui web resmi UM-PTKIN (https://pengumuman-um.ptkin.ac.id/) dengan memasukan No. Ujian yang terdapat pada kartu tanda peserta;

2. Registrasi dengan mengisi dan melengkapi data serta mengupload dokumen pendukung yang dibutuhkan pada laman SIA IAIN Kendari (https://sia.iainkendari.ac.id/login) dengan akun User : No. Ujian, Password : Tahun Lahir;

3. Pengumuman besaran UKT dapat dicek pada laman SIA IAIN Kendari (https://sia.iainkendari.ac.id/login) menggunakan akun masing-masing pada tanggal 13 Juli 2023;

4. Pembayaran UKT dilakukan secara online yang dipandu Teller atau melalui SMS Banking, Mobile Banking atau ATM pada seluruh Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan memasukan ID Pendaftaran/NISN (tata cara pembayaran UKT terlampir) pada tanggal 13 Juli – 06 Agustus 2023;

5. Setelah membayar UKT selanjutnya kunjungi laman SIA IAIN Kendari pada menu Daftar Heregistrasi Tahun 2023 untuk mengecek data Nama, Prodi dan NIM anda;

6. Semua calon mahasiswa baru wajib bergabung dalam grup telegram MABA IAIN Kendari Tahun 2023 (https://iainkendari.ac.id/go/maba2023).

7. Semua calon mahasiswa baru wajib mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dengan memakai jas almamater yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 17 Agustus 2023;

8. Semua calon mahasiswa baru wajib mengikuti pelantikan sebagai Mahasiswa IAIN Kendari dalam Sidang Terbuka yang dirangkaikan Kuliah Perdana pada tanggal 24 Agustus 2023 dengan memakai jas almamater IAIN Kendari.

Tahapan ini wajib dilalui oleh mahasiswa IAIN Kendari sebelum mengikuti proses perkuliahan yang akan dimulai pada Agustus mendatang.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *