LPPM IAIN Kendari Buka Kesempatan Registrasi HKI Bagi Dosen

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari membuka kesempatan registrasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi para dosen.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan Dr. Fahmi Gunawan, S.S., M.Hum pada kegiatan penyamaan persepsi tentang HKI di Aula Perpustakaan, Jumat (27/10/23).

Fahmi menyampaikan bahwa langkah ini sejalan dengan komitmen institusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan tridharma perguruan tinggi. Ia menyebutkan bahwa tahun ini Puslitpen menyiapkan anggaran sebanyak 32 juta rupiah untuk 80 karya yang diajukan.

“Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong dan mengapresiasi kontribusi para akademisi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, serta sebagai upaya perlindungan dalam pemanfaatan hasil karya intelektual mereka,” ucapnya.

Proses registrasi HKI ini mencakup berbagai aspek, termasuk paten, merek dagang, desain industri, dan hak cipta. Para dosen IAIN Kendari diharap dapat mengoptimalkan peluang ini untuk melindungi dan mengkomersialkan hasil-hasil penelitian yang telah atau sedang mereka kembangkan.

“Puslitpen telah menyiapkan SDM yang siap membantu dalam hal pendampingan teknis dan administratif bagi dosen yang akan melakukan registrasi HKI,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala LPPM Dr. Abdul Kadir, M.Pd mengatakan hal tersebut merupakan langkah proaktif yang dilakukan oleh Puslitpen.

“Kami berharap melalui langkah ini para dosen IAIN Kendari dapat lebih bersemangat untuk terus berinovasi dalam menghasilkan karya hasil penelitian yang berkualitas sehingga memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan keilmuan dan kemasyarakatan,” ujarnya.

Selain itu, sertifikat HKI berperan penting dalam meningkatkan profil pribadi serta kredibilitas dan citra perguruan tinggi sebab berkontribusi dalam menaikkan score Sinta selain buku, riset, dan artikel jurnal.

“Saat akreditasi atau kenaikan pangkat, asesor cenderung akan mengukur kinerja dosen dengan melihat profil Sinta mereka terutama jumlah HKI secara keseluruhan,” tutupnya.

Registrasi HKI bagi dosen IAIN Kendari telah dibuka sejak September lalu melalui link yang telah disiapkan oleh pihak Puslitpen. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *