Mahasiswa Fakultas Teknik UHO Ikuti Kuliah Umum Program Internship Jepang

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) mengikuti Kuliah Umum Program Internship Jepang. Hadirkan Direktur Umum Sugihara, Co., Ltd; Mr. Kashihara Masahiro dan Japan World Businees, Mr. Yunoki Kaito, di Aula lantai 3 FT UHO, Rabu (6/12/2023).

Sugihara, Co., Ltd merupakan perusahaan yang bergerak didalam pengembangan , pembuatan, dan penjualan komponen interior otomotif. Kegiatan ini dihadiri, diantaranya Dekan yang diwakili Wakil Dekan (WD) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (III) FT UHO; WD I FPIK Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Mesin dan Ketua Prodi Teknik Elektro.

Saat ditemui Direktur Umum Sugihara, Co., Ltd; Mr. Kashihara Masahiro mengatakan, bahwa perusahaan Sugihara, Co., Ltd banyak mengambil mahasiswa FT UHO melalui program magang di Jepang dengan keahlian perakitan dan bagian pembuatan karpet mobil.

Sambung Kashihara, berdasarkan pengalaman sebelumnya FT UHO sendiri mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup mempuni dalam menekuni bidangnya masing-masing. Apalagi mahasiswa FT tersebut terbilang kerjanya cepat dan rajin.

“Tentunya keahlian dari mahasiswa program magang di Jepang itu tidak lain berkat proses perkuliahan yang didapatkan dari dosen- dosen yang mengajar di Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO),” ujarnya seusai membawakan Kuliah Umum Program Internship Jepang, Rabu (6/12/2023).

Lanjut Kashihara, program magang ini hanya menyasar bagi mahasiswa UHO saja. Pihaknya sendiri belum mau menjajaki kerjasama dengan Perguruan Tinggi (PT) lainnya di Sulawesi Tenggara (Sultra), apalagi memang perusahaan yang berlokasi di Hiroshima itu ingin menjajaki kerjasama yang lebih baik lagi kedepannya dengan kampus hijau itu.

“Saya berharap, dengan digelarnya Kuliah Umum ini program magang di Jepang. Bisa membuat mindset atau pola pikir mahasiswa khususnya mereka yang berminat mengikuti program ini. Saya yakin lewat program magang ini (Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM) dapat menjadi salah satu jembatan untuk meraih sukses di masa depan,” ucapnya.

Sementara itu, WD Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT UHO, Prof. Dr. Ir. Idris A. Putra, ST., MT mengucapkan terimakasih kepada Mr. Kashihara Masahiro dan Mr. Yunoki Kaito yang sudah menyempatkan hadir untuk membawakan Kuliah Umum Program Internship Jepang di FT UHO.

Ia menjelaskan, bahwa program magang ini telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui program MBKM. Jadi dalam kuliah umum ini dijelaskan tentang peluang dan strategi agar para mahasiswa bisa menjalani proses magang dengan baik di Jepang khususnya di Sugihara, Co., Ltd.

“Sudah banyak kerjasama yang dilakukan Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) dengan perusahaan yang ada di Jepang. Tercatat ada sekitar 121 orang mahasiswa FT UHO yang ada di Jepang, dan Sugihara ini baru mau 2 kali pengrekrutan di FT,” ungkapnya.

Sementara itu, saat ini proses rekrutmen mahasiswa magang di Jepang itu sudah selesai dan mereka saat ini sedang belajar berbahasa Jepang. Kalau sudah fasih berbahasa sesuai jadwal yang sudah ditentukan, mahasiswa tersebut akan diberangkatkan ke Jepang.

Ia berharap, mahasiswa yang mengikuti Kuliah Umum Program Internship Jepang ini agar tertarik magang di negeri Sakura tersebut. Apalagi disana menawarkan berbagai teknologi maju, tentu bagi mahasiswa menjadi peluang untuk mempelajari teknologi tersebut untuk kemajuan bangsa Indonesia khususnya berdampak pada FT UHO Sultra.

Diketahui, dalam Kuliah Umum Program Internship Jepang ini, Direktur Utama Sugihara, Co., Ltd menampilkan  testimoni mahasiswa magang yang berkerja  di Sugihara, Co., Ltd secara ofline dan online. Dari testimoni tersebut tampak wajah- wajah ceria dari mahasiswa magang FT UHO, seakan mereka sangat menikmati proses magang itu.

Reporter : La Dedi

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *