Makmur Buka Bimtek Probity Audit

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asisten III Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Makmur membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Probity Audit yang dilaksanakan Inspektorat Kendari, di salah satu hotel di Kendari, Rabu (17/1/2024).

Dalam sambutannya, Asisten III Pemkot Kendari, Makmur mengatakan, Inspektorat Kendari sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Wali Kota Kendari Nomor 12 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat mempunyai tugas membantu wali kota dalam membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.

Perwujudan peran dan tugas tersebut kata Makmur, memberikan keyakinan yang memadai atas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah, memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah.

Serta memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah.

“Terkait dengan peran dan tugas tersebut, maka diselenggarakan Bimtek ini dengan maksud, selain sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia dari para pejabat fungsional auditor dan PPUPD di Inspektorat Daerah Kota Kendari, juga diharapkan nantinya mampu mengawal dan meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah,” ujarnya.

Probity audit bertujuan untuk meyakinkan bahwa pengadaan barang atau jasa telah dilaksanakan sesuai dengan probity requirement yaitu mentaati prosedur pengadaan sesuai ketentuan, sesuai dengan prinsip dan etika pengadaan barang/jasa berdasarkan hasil audit atas data/dokumen/informasi yang diterima auditor.

Selain itu juga memberikan rekomendasi perbaikan atas proses pengadaan barang atau jasa yang sedang berlangsung terkait isu-isu probity.

Terakhir, ia berharap, hasil Bimtek ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknis kepada peserta dalam pelaksanaan Probity Audit di lingkungan Inspektorat Kendari. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *