Matangkan Persiapan Bulan PRB Tingkat Nasional, Kalaksa BPBD Lakukan Audiensi dengan Pj Gubernur Sultra

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Jelang pelaksanaan event nasional Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) ke XI pada 10 – 15 mendatang. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) semakin mematangkan persiapan dan berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan.

Untuk itu, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sultra melakukan Audiensi dengan Penjabat (Pj) Gubernur dan Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Bersama diantaranya Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Sultra, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat Gubernur, Kamis (5/10/2023).

Pj Gubernur Sultra, ), Andap Budhi Revianto mengatakan, bahwa ada beberapa event yang akan digelar dalam bulan PRB di Sultra, beberapa telah dilaksanakan dan puncaknya pada 10 hingga 15 Oktober 2023.

Ia menuturkan, sebagai tempat pelaksanaan bulan PRB di Oktober 2023 seyogyanya menjadi tuan rumah yang baik. Adalah dengan cara melayani dan menerima tamu atau pengunjung di Bumi Anoa dengan ramah sehingga memberikan kesan yang positif.

Sebab, PRB ini menjadi momentum bersama untuk memiliki pemikiran mengurangi risiko dan memitigasi bencana diwilyah Sultra. mengingat akan selalu dihadapkan dengan potensi kerawanan.

“Kita harus kurangi resiko bencana dengan memitigasi, menyelamatkan diri sendiri dan membantu masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, event nasional ini Sultra akan dipadati pengunjung, baik dari kementerian atau lembaga, lembaga NGO (Non Governmental Organization), ketua forum PRB tingkat provinsi, kabupaten atau kota se-Indonesia.

Selanjutnya, akademisi, praktisi, Kepala BPBD se Indoensia, para Gubernur, Bupati dan walikota se Indonesia, Sekda se Indonesia dan masih banyak lagi.

“PRB ini tentu akan mendatangkan dampak positif bagi kita dari segi ekonomi, sebab hunian hotel akan meningkat dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan beragam produk lokal. Makanya saya  mengimbau OPD dan ASN se Sultra mengikuti jumat bersih di MTQ, pada (6/10/2023).,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sultra, Muhammad Yusup mengungkapkan, bahwa peringatan bulan PRB Ke XI bertujuan untuk membangun kesadaran Bersama, membangun dialog, dan mengembangkan jejaring antar pelaku pengurangan risiko bencana serta dijadikan ajang pembelajaran bagi pelaku PRB di Indonesia.

“Pemprov Sultra sudah mempersiapkan semua kebutuhan kegiatan bulan PRB yang bakal digelar pada 10 hingga 15 Oktober 2023.  Saat ini persiapan sudah mencapai 99%, kurang lebih ada 15 kegiatan yang dilaksanakan tersebar di Kota Kendari, Konawe dan Konawe Utara (Konut),” ungkapnya.

Diketahui, giat pada 10 dan 11 Oktober 2023, persiapan apel relawan, simulasi kebencanaan dan pameran kebencanaan terdiri dari ingnite stage dan talkshow, donor darah dan ranking 1 cerdas tangkas tangguh di eks MTQ Kota Kendari.

Pada 12 Oktober 2023, kuliah umum di Auditorium Universitas Halu Oleo (panitia BNPB dan BPBD Sultra) dan gala dinner di rujab gubernur. Pada 13 Oktober 2023, penanaman pohon mangrove di Toronipa, puncak acara PRB di Claro Kendari dan pesta rakyat PRB di lapangan MTQ.

Selanjutnya, pada 14 Oktober 2023, berwisata di Pulau Labengki Kab. Konut, dan hari terakhir pada 15 Oktober 2023, giat run for your life di Eks MTQ. Selain itu, giat yang menyertai PRB ke-XI ini, yakni jambore relawan di Konawe dan field trip di Konut. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *