Pemda Serahkan Bantuan Jonder dan Hand Traktor kepada Kelompok Tani di Mubar

Pemerintahan508 Dilihat

HaluoleoNews.ID, LAWORO- Pemerintah Daerah (Pemda) Kab. Muna Barat (Mubar) melalui Dinas Pertanian menyerahkan bantuan mesin pertanian kepada Kelompok Tani yang ada dibeberapa Kec. di Mubar, Kamis (7/12/2023).

Adalah, satu unit John Deere(Jonder) dan tujuh hand traktor (roda dua). Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati muna Barat, Dr Bahri didampingi Dinas Pertanian, Nestor Jono.

Pj Mubar, Dr Bahri mengatakan, sektor pertanian ini menjadi perhatian Pemda. Oleh karena itu, 2024 anggaran pertanian tiga kali lebih besar dibandingkan 2023. Anggaran tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengadaan alat dan mesin pertanian, pembelian bibit serta demplot padi dan bawang.

Disisi lain, menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, ia berjanji akan melakukan revitalisasi berupa penguatan penyuluh pertanian termasuk dari sisi kelembagaan, membangun kantor-kantor penyuluhan pada setiap Kec.

“Keberhasilan pertanian sangat tergantung kinerja para penyuluh, SDM yang ada, kelembagaan. Tetapi kantor belum ada. Seharusnya kita punya kantor penyuluh di setiap kecamatan, jadi kita rencanakan bangun kantor” ucapnya di hadapan para penyuluh dan beberapa ketua kelompok tani.

Sambung dia, revitalisasi juga akan menyasar perbaikan kesejahteraan para penyuluh. Saat ini para penyuluh disetarakan dengan staf, di mana jumlah Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sebesar Rp1,2 juta,” pungkasnya.

 

 Reporter :  Indrawati

Editor       : La Ode Hamid

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *